WA Web

WA Web – WhatsApp Web adalah sebuah alat yang bisa kalian gunakan untuk mengakses Whatsapp melalui browser pada perangkat PC seperti Komputer dan Laptop. Jadi whatsapp bukan hanya bisa digunakan melalui perangkat hp saja dengan aplikasi melainkan bisa juga di akses melalui perangkat laptop atau pc.

WA Web ini tentunya akan memudahkan kalian karena tidak perlu download aplikasi chatting terlebih dahulu dalam perangkat laptop atau pc yang kalian gunakan. Kalian tinggal menghubungkan akun WhatsApp yang kalian gunakan dengan Wa Web untuk bisa tetap komunikan melalui WhatsApp dengan WA Web ini.

Bahkan cara menggunakan WhatsApp Web ini sangat mudah dan praktis karena memang Wa Web meruapkan website resmi dari developer Whatsapp untuk tetap bisa komunikasi menggunakan laptop. Tidak sedikit orang yang saat ini sudah sering sekali mengakses situs tersebut untuk berkomunikasi dengan WhatsApp.

Berbagai perusahaan kecil ataupun besar sekali pun juga sering sekali memanfaatkan WhatsApp Web untuk kepentingan bisnis mereka. Karena selain lebih praktis dan mudah digunakan, tentunya terdapat berbagai kelebihan lain yang bisa dirasakan saat menggunakannya.

Namun selain sisi kelebihan pastinya terdapat berbagai kekurangannya juga, karena memang setiap produk tidak akan bisa sempurna dimata orang-orang yang memang memiliki sifat selalu kurang, dan pasti akan mencari sisi kelemahan dari berbagai hal yang mereka temui begitu juga dengan yang satu ini.

Sebelum melihat berbagai kelebihan dan kekurangan dalam situs whatsapp web ini, sebaiknya mari kita bahas terlebih dahulu cara menggunakan WhatsApp Web, karena mungkin beberapa diantara kalian ada yang belum mengetahuinya.

Syarat Menggunakan WA Web

Syarat-Menggunakan-WA-Web

Sebelum kita mengetahui cara menggunakannya, tentunyaada beberapa persyaratan yang wajib kalian miliki untuk bisa menggunakan whatsapp web ini. Syarat yang diharuskan juga terbilang mudah, karena kalian hanya memerlukan berbagai faktor untuk bisa terkonect ke dalam Web WhatsApp.

Mungkin ini terbilang tidak terlalu penting bagi mereka yang sudah mengetahui cara menggunakannya, namun karena disini kami memberikan informasi sedetail munking tetang whatsapp web, maka dari itu silahkan kalian lihat srayat untuk bisa menggunakan wa web:

  1. Jaringan Internet
  2. Perangkat PC (Komputer dan Laptop)
  3. Smartphone
  4. Aplikasi WA
  5. Akun Whatsapp
Baca Juga :  Cara Mendapatkan Uang di Snack Video

4 Persyaratan wajib diatas harus kalian miliki, dimana kalian memerlukar Jaringan Internet pada Perangkat PC dan juga Smartphone yang kalian gunakan. Selain itu smartphone yang digunakan harus terinstall Aplikasi WA dan mendaftar untuk memiliki Akun WhatsApp.

Nah setelah kalian sudah memiliki semua persyaratan wajib yang kami sebutkan diatas, kalian sekarang sudah siap dan bisa menggunakan WA Web. Caranya kalian bisa simak panduan lengkap dibawah ini.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Cara-Menggunakan-WhatsApp-Web

Meskipun cara menggunakannya memang terbilang sangat mudah dan sederhana, tetapi bagi mereka yang belum mengetahuinya pasti akan kesulitan. Untuk itu disini kami akan memberikan tutorial cara menggunakan atau menghubungkan whatsapp pada web wa. Untuk kalian yang ingin mengetahui tutorialnya, mari simak berikut ini:

  1. Pertama silahkan kalian buka perangkat PC yang sudah terhubung dengan internet.
  2. Silahkan masuk pada browser yang kalian gunakan di perangkat pc masing-masing seperti Google Chrome, FireFox dan sejenisnya.
  3. Silahkan mauk pada situs wa web resmi https://web.whatsapp.com/.
  4. Tampilan utama web resmi tersebut untuk yang belum menghubungkan yaitu terdapat barcode atau istilah di Whatsapp yaitu Code QR.
  5. Jika semua sudah selesai silahkan kalian pegang smartphone kalian masing-masing dengan membiarkan tampilan utama dari web resmi tersebut.
  6. Dalam perangkat smartphone pastikan kalian sudah memiliki aplikasi beserta akun WhatsApp.
  7. Silahkan kalian buka aplikasi whatsapp pada perangkat smartphone kalian.
  8. Pada tampilan utama alias tampilan chat, kalian bisa klik menu navigasi yang ada di pojok kanan atas dengan simbol titik tiga.
  9. Disitu terdapat berbagai pilihan yaitu : Group Baru, Siaran Baru, Perangkat Tertaut, Pesan Berbintang, dan Setelan.
  10. Silahkan kalian pilih saja Perangkat Tertaut.
  11. Setelah itu kalian akan masuk pada halaman dengan tulisan “Gunakan WhatsApp pada perangkat lain”, dan dibawah tulisan tersebut terdapat tulisan lagi yaitu “TAUTKAN PERANGKAT”
  12. Nah disitu silahkan kalian klik saja tulisan “TAUTKAN PERANGKAT”
  13. Kalian akan berada dalam tampilan Pindai Code QR dengan kamera yang nyala untuk memindai.
  14. Setelah itu silahkan kalian arahkan kamera ke perangkat PC yang sudah berada dalam WA Web tadi.
  15. Arahkan kamera dengan benar ke pada Code QR dalam situs resmi yang sudah disiapkan sebelumnya dengan perangkat PC.
  16. Setelah itu kalian sudah berhasil masuk dan sudah bisa menggunakan WA Web.

Meskipun tutorial diatas terbilang banyak, namun jika kalian lakukan dengan praktek langsung, maka kalian tidak akan kesulitan dan pasti menganggap caranya sangat mudah. Jika ada bagian yang menurut kalian sulit dipahami, silahkan kalian tanyakan di kolom komentar.

Baca Juga :  Chip Higgs Domino Gratis

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Smartphone

Selain kalian bisa menggunakan WhatsApp Web dengan menggunakan perangkat PC, kalian juga bisa menggunakan whatsapp web menggunakan smartphone, namun dengan catatan kalian memiliki dua smartphone yang mana satunya digunakan sebagai pengganti perangkat PC.

Jadi cara menggunakannya juga sama seperti sebelumnya hanya saja kalian ganti perangkat pc dengan smartphone lain. Kalian juga bisa ikuti tutorial berikut jika ingin menggunakan web whatsapp dengan smartphone:

  1. Buka WA Web pada browser dari Hp lain yang kalian miliki ntah itu Andorid atau iOS
  2. Sama seperti diatas tampilan utama situs resmi akan muncul Code QR WA.
  3. Buka smartphone ke 2 yang sudah terinstall apliaksi WA dan memiliki akun WA.
  4. Buka Menu Navigasi bersimbol Titik Tiga pada bagian kanan atas.
  5. Pilih saja Perangkat Tertaut.
  6. Setelah itu kalian bisa langsung pilih Tautkan Perangkat.
  7. Arahkan kamera dengan tepat pada Code QR yang sebelumnya sudah dibuka di Web dengan hp lain.
  8. Selesai dan whatsapp kini sudah berhasil terhubung.

Caranya sama seperti cara sebelumnya yaitu cara menggunakan whatsapp web dengan perangkat pc, karena diatas sudah di jelaskan dengan sangat detail, maka dari itu disini kami hanya menjelaskan point pentingnya saja, dan jika kalian bingung dengan setiap point ini bisa kalian samakan dengan yang sebelumnya.

Kelebihan WhatsApp Web

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, dimana menggunakan WhatsApp Web kalian akan mendapatkan berbagai keuntungan karena ada beberapa kelebihan yang akan kalian rasakan jika kalian menggunakan WA Web ini.

Untuk kalian yang penasaran dnegan beberapa kelebihan dari menggunakan Web Whatsapp ini, silahkan lihat list berikut:

  • Terhindar dari Tulisan Typo
  • Tanpa Install Aplikasi Ketiga
  • Berfungsi normal seperti WhatsApp asli
  • Kontrol Wa jarak jauh
  • Praktis
  • Kirim file atau media lain dengan sangat mudah

Itulah beberapa kelebihan yang akan kalian rasakan jika kalian menggunakan whatsapp di browser. Selain kelebihan tentunya ada kekurangan dari pada web whatsapp ini. Untuk mengetahuinya silahkan simak lebih lanjut pembahasan dibawah:

Kekurangan WhatsApp Web

Bukan hanya kelebihan saja yang sudah kita siapkan dalam artikel pemabhasan kali ini, dimana kita disini juga sudah menyiapkan beberapa kekurangan yang akan kita rasakan saat menggunakan Web WA ini.

Untuk klaian yang ingin mengetahui apa kekuranganya, silahkan lihat pada list dibawah ini:

  • Smartphone harus terhubung dengan jaringan internet
  • Hanya dapat di gunakan pada satu perangkat atau browser saja per satu akun wa.
  • Ada beberapa fitur yang masih belum bisa digunakan
Baca Juga :  Tdomino Boxiangyx

Yang paling menonjol dari pada beberapa kekurangan diatas yaitu beberapa fitur yang masih belum support dnegan whatsapp web ini, yang mana diantaranya seperti fitur Update WA Story, Share Loc, Panggilan Suara dan Panggilan Video.

Kalian tidak akan bisa menggunakan beberapa fitur tersebut jika menggunakan WhatsApp Web ini.

Cara Keluar atau Log Out WA Web dari Situs Resmi

Bebebrapa diantara kalian yang sudah terlanjur mengaitkan whatsapp ke dalam whatsapp web dan ingin logout, kalian bisa melakukan log out atau keluar melalui situs resmi secara langsung, untuk caranya kalian bisa ikuti tutorial berikut ini:

  1. Pertama klik saja menu navigasi Titik Tiga di sebelah kiri atas.
  2. Pilih saja Keluar atau Log Out.
  3. Selesai dan halaman utama akan berganti seperti awal yang memunculkan Code QR.
  4. Nantinya Code QR ini untuk kalian bisa masuk lagi dengan cara scan code yang mengarahkan kamera smartphone seperti tutorial cara menggunakan wa web diatas.

Sekarang ini kalian sudah bisa keluar masuk ke dalam WhatsApp Web. Semua orang dapat melakukan hal-hal diatas tanpa terkecuali selagi mereka memiliki syarat yang sudah di sebutkan sebelumnya.

Cara Keluar atau Log Out WA Web dari Aplikasi WA

Selain kalian melakukan log out dari situs resmi langsung, kalian juga bisa log out melalui aplikasi wa yang sebelumnya kalian kaitkan di whatsapp web. Nah untuk caranya kalian bisa ikuti panduan dibawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik menu navigasi bersimbol titik tiga dipojok kanan atas.
  3. Pilih Perangkat Tertaut.
  4. Disitu kalian akan melihat jenis browser yang kalian gunakan untuk wa web sebelumnya.
  5. Silahkan klik saja jenis browsernya.
  6. Setelah itu pilih Keluar.
  7. Selesai.

Setelah keluar maka sekarang browser yang sebelumnya kalian gunakan untuk menautkan wa di web whatsapp tidak akan lagi terbuka whatsapp kalian sebelum kalian menautkan ulang dengan cara scan code QR. Karena dnegan melakukan cara diatas, dalam whatsapp web sudah secara otomatis keluar sendiri.

Akhir Kata

Jika ada pertanyaan, kritik dan jug saran tentang WhatsApp web, silahkan kalian bisa meninggalkan jejak kalian pada kolom komentar yang kami sediakan dibawah.

Karena sepertinya pembahasan ini sudah cukup sampai sini saja, dan semoga bisa bermanfaa untuk sobat poltekkes semuanya. Terima kasih dan sampai berjumpa kembali.