Tips Menghadapi Ramadhan Ditengah Pandemi Virus Corona

  • Whatsapp
ramadhan corona

Situasi ramadhan tahun 2020 akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ditengah situasi pandemi virus corona (Ramadhan Corona), masyarakat tetap dihimbau untuk berdiam diri dirumah, termasuk beribadah, banyak masyarakat berharap virus ini segera berakhir dan masyarakat bisa tenang dalam melaksanakan ibadah ramadhan tahun ini.

Baca Juga: Tanya Jawab Seputar Covid-19

Kondisi ini pasti merupakan ujian berat, tetapi harus tetap dijalani, ramadhan tetap dimaknai sebagai bulan suci yang membawa keberkahan.

Tips Ramadhan Corona ala Poltekkes.id

Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan ramadhan agar kegiatan ibadah maupun kegiatan rutin sehari-hari dapat dilaksanakan dengan baik

1. Makan makanan yang sehat dan bernutrisi

Agar ibadah puasa berjalan baik dan tidak mengganggu kesehatan,tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang, pastikan makanan saat sahur dan buka puasa mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang cukup, misalnya buah dan sayuran, daging, ikan, susu. Asupan makanan yang terbatas menjadi penghambat untuk beraktifitas secara normal dan bisa menurunkan sel imun kita.

2. Konsumsi suplemen

Meskipun sudah memilih menu dengan nutrisi seimbang, suatu saat tubuh juga akan mengalami kekurangan nutrisi karena berbagai hal, suplemen bisa jadi salah satu cara untuk memenuhi nutrisi tubuh kita, tetapi kita tetap harus memperhatikan jenis suplemen yang akan kita konsumsi selama menjalani puasa Ramadhan

3. Istirahat yang cukup

Kurang tidur bisa mengaktifkan hormon kortisol dalam tubuh, hormon ini bisa mengabitkan stres dan berujung pada melemahnya daya tahan tubuh, padahal durasi tidur saat berpuasa ramadhan bisa berkurang.

Oleh karena itu, sebaiknya kita menjaga pola tidur yang teratur dengan memenuhi kebutuhan tidur siang, karena kebutuhan tidur setidaknya 7 jam bagi orang dewasa.

4. Sempatkan olahraga

Olahraga menjadi salah satu kunci menjaga daya tahan tubuh, namun karena berpuasa sebaiknya kita memilih olahraga yang tidak menguras banyak tenaga misalnya dengan jalan santai atau bersepeda, kita bisa berolahraga dipagi hari setelah subuh atau menjelang waktu berbuka puasa, hindari olahraga disiang hari dibawah sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan dehidrasi.

5. Manajemen stress

Saat berpuasa badan akan terasa lebih lemas dari biasanya, akibatnya kita cenderung malas dalam beraktifitas, jika sudah begitu bosan tidak bisa terhindarkan dan stres tinggal menunggu waktunya, padahal stres bisa menjadi salah satu penyebab turunnya daya tahan tubuh.

Kita bisa mengusir stres dengan menjalankan aktifitas yang cukup dan tidak menguras tenaga.

6. Tetap mengikuti anjuran dari pemerintah

Pemerintah telah mengeluarkan surat edaran mengenai ketentuan-ketentuan saat berpuasa tentang social distancing,tidak dianjurkan berkumpul dalam kegiatan, dilarang untuk mudik dll.Kita tetap harus mentaatinya agar virus tidak menyebar dan dapat memutus rantai virus corona.

Itulah diantaranya agar kita tetap terjaga dan terhindar dari tertular virus corona saat melakukan ibadah puasa ramadhan, jangan lupa kebiasaan cuci tangan, pakai masker, dan social distancing.

Semoga tips Ramadan Corona bermanfaat untuk anda dan puasa ramadhan tahun ini membawa keberkahan bagi kita semua dan virus corona segera teratasi dan berlalu dari negeri kita tercinta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *