Profil Lengkap Poltekkes Riau (Poltekkes Kemenkes Riau)

  • Whatsapp
profil poltekkes riau

Dalam informasi laman website http://pkr.ac.id/ (Poltekkes Riau), serta http://bppsdmk.kemkes.go.id/ (Badan PPSDM Kesehatan RI), admin merangkum secara terperinci data profil seputar kampus Poltekkes Kemenkes Riau atau akrab di ucapkan Poltekkes Medan.

Politeknik Kesehatan Medan berlokasi di pulau Riau, tepatnya di Jalan Melur 103, Sukajadi, Pekanbaru, Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Kampus kesehatan ini merupakan salah satu dari 38 Poltekkes yang ada dalam naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), dan merupakan salah satu kampus paling direkomendasikan.

Untuk mengenal lebih jauh tentang kampus ini, silahkan simak secara seksama dan dalam tempo yang seperlu-perlunya.

Profil

logo-Poltekkes-Riau

KODE405003
NAMAPoltekkes Kemenkes Riau
PROVINSIRIAU
TELEPON0761-36581
FAXIMILE0761-20656
WEBSITEwww.pkr.ac.id
EMAILpkr.riau@gmail.com

Sejarah

Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Riau adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Kesehatan yang berada di bawah Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia (BPPSDM) Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mulanya, Poltekkes Riau bernama Poltekkes Pekanbaru. Poltekkes Pekanbaru berdiri sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia No. 298/MENKES-KESSOS/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001.

Tanggal 16 April ini kemudian dijadikan Hari Ulang Tahun (Dies Natalis) Poltekkes Pekanbaru.

Poltekkes Pekanbaru awalnya terdiri dari Jurusan Kebidanan di Pekanbaru yang membawahi Program Studi Kebidanan Pekanbaru, dan Jurusan Keperawatan di Tanjungpinang yang membawahi Prodi Keperawatan Tanjungpinang.

Pada tahun 2004, melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.00.06.1.4.2.02226 tanggal 1 Juli 2004, Poltekkes Pekanbaru menambah 3 (tiga) Program Studi (Prodi) baru, yaitu:

  • Prodi Gizi Pekanbaru
  • Prodi Keperawatan Pekanbaru
  • Prodi Kebidanan Tanjungpinang

Dengan adanya penambahan tiga Prodi baru ini maka Jurusan Keperawatan Tanjungpinang yang sebelumnya hanya membawahi Prodi Keperawatan Tanjungpinang juga membawahi Prodi Keperawatan dan Prodi Gizi Pekanbaru.

Jurusan Kebidanan Pekanbaru yang sebelumnya hanya membawahi Prodi Kebidanan Pekanbaru juga membawahi Prodi Kebidanan Tanjungpinang.

Pada tahun 2007, karena ada ketentuan bahwa Ketua Jurusan harus berada satu lokasi dengan Direktorat, maka Jurusan Keperawatan di Tanjungpinang dipindahkan ke Pekanbaru, sehingga di Tanjungpinang hanya tinggal Program Studi saja.

Pada tahun 2004, diresmikanlah berdirinya Provinsi Kepulauan Riau yang ber-ibukota di Tanjungpinang.

Berdirinya Provinsi Kepulauan Riau yang terpisah dari Provinsi Riau membawa konsekuensi kurang tepatnya nama Poltekkes Pekanbaru karena Poltekkes ini ada di Kota Pekanbaru yang merupakan ibukota Provinsi Riau, dan juga di Tanjungpinang yang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Riau.

Untuk itu Poltekkes Pekanbaru berubah nomenklatur menjadi Poltekkes Kemenkes Riau.

Namun pada tahun 2013, Poltekkes Kemenkes Riau resmi berpisah dengan Prodi yang berada di Tanjungpinang menjadikannya Poltekkes mandiri yakni Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang.

Saat ini, Poltekkes Kemenkes Riau atau yang dahulu dikenal masyarakat riau sebagai SPK menjadi pusat pendidikan vokasional yang akan terus menciptakan tenaga-tenaga kesehatan terampil demi menjadikan indonesia sehat dan mandiri.

Visi dan Misi

Berikut visi dan misi dari kampus Poltekkes Kemenkes Riau, yang insya Allah akan tercapai di masa depan yang akan datang:

Visi:

“Menjadi pusat pendidikan vokasional bidang kesehatan di Propinsi Riau yang mampu bersaing di tingkat global tahun 2029”

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan kesehatan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, beriman dan bertaqwa.
  2. Melaksanakan penelitian terapan di bidang kesehatan yang berguna bagi masyarakat
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dan pemanfaatan iptek bidang kesehatan untuk perubahan perilaku hidup sehat

Jurusan dan Program Studi

Berikut Data Program Studi Poltekkes Kemenkes Riau, yaitu:

NAMAKODEJENJANGSTATUS
Kebidanan15301D4Aktif
Keperawatan14301D4Aktif
Gizi13411D3Aktif
Kebidanan15401D3Aktif
Keperawatan14401D3Aktif

Akreditasi

Poltekkes Kemenkes Riau menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, berhasil mendapatkan peringkat Akreditasi Baik (B).
Akreditasi-Poltekkes-Riau

Hubungi

Jl. Melur No.103, Sukajadi, Pekanbaru, Riau
Telp.(0761)36581 Fax.20656

Penutup

Itulah tadi informasi lengkap mengenai profil dari kampus Poltekkes Kemenkes Riau yang admin ulas sedemikian rupa agar pembaca lebih mudah memahami. Apabila terdapat kekeliaruan dalam artikel ini, silahkan berkomentar atau kirimkan pesan melalu kontak yang telah disediakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *