DAFTAR Poltekkes Kemenkes Palu

  • Whatsapp
poltekkes palu

Ditahun akademik 2020/2021 Politeknik Kesehatan Kemenkes Palu atau akrab disebut Poltekkes Palu membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) yang diperuntukkan bagi lulusan SMA, MA dan SMK Kesehatan dengan beberapa jalur pendaftaran.

Nah, khususnya bagi kamu yang berada di area Sulawesi dan kebetulan memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan kesehatan, mimin sangat merekomendasikan kampus ini.

Bagi yang belum tahu, Poltekkes Kemenkes adalah kampus NEGERI dan dinaungi langsung kementerian kesehatan republik Indonesia. Jadi tidak usah ragu!

Nah, setelah mengenal Poltekkes Palu, sebaiknya kamu membaca tentang pilihan jurusan dan cara masuk atau pendaftaran di kampus ini.

Jurusan Poltekkes Palu

Akreditasi Poltekkes Kemenkes Palu saat ini adalah B. Ada banyak pilihan program studi yang bisa kamu daftari, berikut daftar jurusan dan akreditasinya:

JURUSAN/PRODIAKREDITASI
D3 Keperawatan PaluB
D3 Kebidanan PaluB
D3 SanitasiB
D3 Keperawatan PosoB
D3 Keperawatan TolitoliC
D3 Kebidanan PosoB
D4 KeperawatanB
D4 KebidananB
Pendidikan Profesi NersB
D3 GiziB

Banyak kan, buruan daftar!

Jalur Pendaftaran Poltekkes Palu

Dilansir pada laman website Kampus Poltekkes Palu, ada 3 jalur pendaftaran yang dikenal yaitu jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP), PMB Jalur Mandiri, dan SIMAMA Poltekkes. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

A. Jalur Pendaftaran PMDP

Untuk jalur Penelusuran Minat dan Prestasi disingkat PMDP merupakan jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru yang dilakukan sepenuhnya berdasarkan penilaian atas nilai rapor termasuk prestasi non akademik.

B. Jalur Mandiri

Seleksi Jalur Mandiri adalah mekanisme seleksi masuk Perguruan Tinggi pada Politeknik Kesehatan di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, melalui Tahapan Ujian Tertulis dan Ujian Kesehatan.

C. Jalur Pendaftaran SIMAMA

Jalur SIMAMA dilakukan secara nasional. Jalur ini mulai diterapkan baru di tahun 2020 (Mirip SBMPTN) dan dilakukan secara terpusat di website simama.

Simak artikel ini: Apa sih itu SIMAMA Poltekkes?

Jadwal Pendaftaran Sipenmaru

Berikut adalah jadwal masing-masing jalur pendaftaran di Poltekkes Palu, antara lain:

  • Pendaftaran PMDP dilakukan pada 1 Desember 2019 sampai 7 Februari 2020
  • Pendaftaran Online Jalur Mandiri dilakukan pada 15 Maret sampai dengan 13 April 2020
  • Pendaftaran Jalur SIMAMA dapat kamu lihat dengan klik JADWAL SIMAMA.

Catatan! Kalender bersifat tentatif, bila ada perubahan akan diumumkan melalui website poltekkespalu.ac.id.

Persyaratan Akademik

Berikut adalah syarat akademik yang mesti kamu siapkan. Untuk penjelasannya sebagai berikut:

A. Syarat Jalur PMDP

Berikut bebedapa hal yang mesti kamu perhatikan untuk syarat jalur PMDP, antara lain:

  • Sipenmaru Jalur PMDP di peruntukan khusus untuk siswa SMA/SMK/MA yang masih duduk di kelas 3 (Tiga)/Semester VI.
  • Tinggi badan Jurusan Keperawatan dan Gizi minimal: 155 cm untuk laki-laki, 150 cm untuk perempuan dan Tinggi badan Jurusan Kebidanan minimal 150 cm untuk perempuan, Jurusan Kesehatan Lingkungan Tinggi Badan Tidak di persyaratkan.
  • Persyaratan nilai (memiliki nilai minimal 8,0 (delapan) untuk setiap mata ajar sejak semester I sampai dengan semester V), foto kopy raport dilegalisir
  • Mempertimbangkan penghargaan/prestasi calon peserta dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Olahraga, Seni dan Budaya (lampiran foto copy piagam/ surat penghargaan yang dilegalisir kepala sekolah)

Untuk tahapan seleksi jalur PMDP, antara lain:

  • Tahap I yaitu dengan Seleksi Nilai Rapor dan Prestasi
  • Tahap II dengan Uji Kesehatan

Penting! Untuk informasi selengkapnya, silahkan cek di website www.poltekkespalu.ac.id.

B. Syarat Jalur Mandiri

Untuk jalur mandiri, simak persyaratannya di bawah ini:

  • Lulusan SMA/MA
  • Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Keperawatan dan SMK Kebidanan)
  • Umur maksimal 27 tahun pada awal T.A 2020/2021
  • Berstatus Kependudukan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Tidak Buta Warna
  • Tinggi badan untuk pilihan jurusan / program studi Keperawatan minimal: 1) Laki-laki: 155 cm 2) Perempuan: 150 cm.

Untuk berkas pendaftaran jalur mandiri, antara lain:

  • Kelengkapan berkas pendaftaran yang harus dibawa pada saat Seleksi Tahap II (Uji Kesehatan) meliputi, Formulir Pendaftaran, Surat Pernyataan yang ditandatangani (ber meterai 6000), Surat Persetujuan Orang Tua/ Wali yang ditandatangani (bermetari 6000), Kartu Peserta Ujian yang ditandatangani, Menunjukkan Ijazah/ Surat Keterangan Lulus dari Sekolah ( ASLI ), Foto Copy Ijazah/ Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir, Bukti setor biaya pendaftaran ulang. Ingat! Semua berkas masing-masing peserta dimasukkan ke dalam stofmap dengan warna Kuning.
  • Pada halaman depan stofmap ditempelkan form check list persyaratan yang berisi data pendaftar dan kelengkapan berkas persyaratan.

Untuk tahapan seleksi Jalur mandiri, antara lain:

  1. Seleksi Tahap I (Uji Tulis) Seleksi Tahap I adalah seleksi Uji Tulis yang dilaksanakan pada Rabu, 22 April 2020 dan materi meliputi matemarika, bahasa inggris, IPA (Biologi, fisika, kimia), dan bahasa Indonesia dengan total waktu 180 menit. Ujian akan dilakukan berlokasi di Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Keperawatan Prodi D-III Keperawatan Kampus Luwuk.
  2. Pengumuman Seleksi Tahap I (Uji Tulis) yakni hasil seleksi Tahap I diumumkan pada tanggal 04 Mei 2020, dapat dilihat melalui website eakademik.id/poltekkespalu/pmb.zul.
  3. Seleksi Tahap II (Pemeriksaan Kesehatan)yakni peserta yang lulus nominasi seleksi Tahap I wajib mengikuti Seleksi Tahap II yaitu Pemeriksaan Kesehatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 08 Mei 2020. Tempat dan biaya Seleksi Tahap II akan ditentukan kemudian. Uji kesehatan meliputi, pemeriksaan kesehatan umum, pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan dan tes Narkoba.

Perhatikan, Uji Kesehatan dilaksanakan oleh Panitia Pada Seleksi Tahap II dilaksanakan verifikasi berkas pendaftaran (berkas sesuai dengan yang telah dipersyaratkan).

Hasil Seleksi Tahap II diumumkan tanggal tanggal 18 Mei 2020 dapat dilihat melalui website http://poltekkespalu.eakademik.id/poltekkespalu/pmb.zul.

Hasil Seleksi Tahap II adalah penetapan peserta yang lulus nominasi dan diterima sebagai calon mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Palu Tahun Akademik 2020/2021. Bagi yang tidak datang uji kesehatan dinyatakan gugur.

  1. Registrasi (Daftar Ulang) yakni registrasi bagi peserta seleksi yang lulus nominasi dan diterima sebagai mahasiswa baru dilaksanakan pada : 08 -14 Juni 2020 Persyaratan registrasi calon mahasiswa baru dapat dilihat pada saat pengumuman nominasi hasil seleksi Tahap II. Peserta yang tidak melakukan registrasi sampai batas waktu yang ditentukan dinyatakan gugur.

Penting! Ketentuan Tambahan

  1. Semua biaya yang telah dibayarkan ke Politeknik Kesehatan Kemenkes Palu tidak dapat ditarik kembali. Oleh karena itu sebelum melakukan pembayaran calon mahasiswa harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang tua/wali.
  2. Berkas pendaftaran peserta seleksi menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali
  3. Peserta yang lulus nominasi tahap II tetapi tidak melakukan registrasi sampai dengan tanggal yang ditentukan dinyatakan gugur.
  4. Keputusan Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Palu adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Baca Selengkapnya, di website www.poltekkespalu.ac.id.

C. Syarat Jalur SIMAMA

Untuk Jalur SIMAMA, silahkan perhatikan di artikel dengan KLIK Syarat Pendaftaran SIMAMA Poltekkes 2020.

Tata Cara Pendaftaran

Nah, untuk mekanisme pendaftaran di Poltekkes Surakarta, silahkan simak ketentuannya berdasarkan jalur yang anda pilih.

A. Cara Pendaftaran Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP)

Nah, untuk mekanisme dan alur pendaftaran jalur PMDP dilaksanakan secara online melalui halaman website www.poltekkespalu.ac.id.

B. Cara Pendaftaran Jalur Mandiri

Berikut adalah tata cara pendaftaran jalur mandiri tahun 2020 berdasarkan dokumen yang diposting pihak kampus, disimak, antara lain:

  1. Peserta melakukan pendafataran secara on-line dengan mengisi biodata pada formulir pendaftaran melalui http://poltekkespalu.eakademik.id/poltekkespalu/pmb.zul.https://poltekkes.id/simama-poltekkes-semarang/
  2. Peserta melakukan pengisian formulir pendaftaran, setelah pengisian formulir melakukan pemesanan kode billing melalui WA Bendara Penerima denan nomor: 08529889730, lakukan pembayaran biaya pendaftaran pada Teller Bank atau via ATM.
  3. Peserta Mengupload kembali bukti pembayaran dalam bentuk file (foto bukti pembayaran) dengan cara mengisi nomor registrasi pendaftaran dan tanggal lahir lalu klik menu simpan.
  4. Peserta menunggu validasi pembayaran dari panitia, atau hubungi panitia di WA. 082211672975. Jiika sudah tervalidasi klik cetak bukti validasi pembayaran.
  5. Calon peserta kembali login ke menu calon mahasiswa untuk mengambil kartu ujian. Masukan nomor pendaftaran, tahun, bulan dan tanggal lahir
  6. Sampai tahap ini calon mahasiswa mendapatkan kartu ujian. Print kartu ujian, datang ujian sesuai jadwal yang telah ditentukan. Untuk melihat pengumuman kelulusan klik lihat informasi kelulusan.6 poltekkes palu
  7. Biaya pendaftaran seleksi: Rp 100.000,- Peserta hanya bisa mendaftar 1 kali, Jika terdapat peserta yang melakukan Aktivasi 2 (dua) kali dengan nama yang sama, secara otomatis, Pendaftaran yang pertama kali akan di hapus dari system.
  8. Pada saat Uji Tulis, Peserta wajib membawa Kartu Ujian.
  9. Berkas Pendaftaran di upload di halaman Login calon mahasiswa. apabila dalam proses verifikasi ditemukan ketidaksesuaian dengan persyaratan yang ditetapkan, kelulusan akan digugurkan.

Ketentuan lainnya, dapat anda lihat di website poltekkespalu.eakademik.id/poltekkespalu/pmb.zul.

C. Cara Pendaftaran Jalur SIMAMA

Untuk tata cara pendaftaran jalur ini, kamu bisa lihat di website resmi SIMAMA Poltekkes www.simama-poltekkes.go.id.

Mungkin Anda Tertarik:

Kontak Bantuan

Layanan Informasi Sipenmaru Politeknik Kesehatan Palu dilayani selama jam kerja (Senin – Kamis Jam 07.30 – 16.00 WIB dan Jumat Jam 07.30 – 16.30 WIB). Layanan yang bisa dihubungi terkait informasi sipenmaru sebagai berikut:

  • WhatsApp. 081241065481
  • Website. poltekkespalu.eakademik.id/poltekkespalu/pmb.zul
  • Email. sipenmaru@poltekkespalu.ac.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *