Pendaftaran Nusantara Sehat: Jadwal, Gaji dan Persyaratannya

  • Whatsapp
Nusantara Sehat

Kata “Nusantara Sehat” sudah sangat familiar dalam dunia kesehatan. Salah satu Program kemenkes yakni Pendaftaran program Nusantara Sehat (NS), bukan hanya sekedar kegiatan, melainkan menjadi harapan bagi lulusan mahasiswa kesehatan untuk bekerja dan mengabdikan keilmuannya. Karena topik NS ini dianggap penting, maka admin berinisiatif untuk membahasnya secara tuntas.

Apa itu “Nusantara Sehat” (NS)?

Nusantara Sehat adalah salah satu program berwujud kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam upaya mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang telah diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Diharapkan program NS ini mampu menjadi garda yang terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif (Pencegahan) melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining (penapisan).

Baca Juga: Profil Kesehatan Indonesia

Kemenkes menjelaskan bahwa fokus program tidak hanya pada kegiatan kuratif (Pengobatan) melainkan juga pada promotif dan preventif (Pencegahan) untuk mengamankan kesehatan masyarakat sesuai dengan visi Nawa Cita Indonesia.

Apa sih Tujuan Nusantara Sehat?

Dilansir di laman website Nusantarasehat.kemkes.go.id, Nusantara Sehat memiliki beberapa tujuan, sebagai berikut:

  1. Menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan  akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK dan DBK.
  2. Menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan
  3. Menggerakan pemberdayaan masyarakat
  4. Dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi
  5. Meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK

Gaji Nusantara Sehat, Berapa?

Banyak yang bertanya, berapa sih gaji NS itu? Nah, berdasarkan beberapa sumber yang kami dapatkan, mengenai besaran gaji/insentif nakes penugasan khusus berbasis tim, baik dari website depkes.go.id dan kominfo, berikut adalah rinciannya:

  • Tenaga Kesehatan penugasan khusus berbasis tim (Team based) adalah sekitar Rp. 7.850.000,- (Tujuh juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah) untuk dokter umum dan dokter gigi.
  • Tenaga Kesehatan untuk Ahli Teknologi Laboratorium Medik/Bidan/Kesehatan Lingkungan/Perawat/ Tenaga Gizi/ Tenaga Kefarmasian/Tenaga Kesehatan Masyarakat sekitar Rp. 4.400.000,- (Empat juta empat ratus ribu rupiah).

#Informasi gaji diatas bersifat tentatif, selalu pantau informasi terbaru dari kemenkes dan pihak panitia NS.

Kilas Balik Nusantara Sehat

Program Nusantara Sehat melalui penempatan tenaga kesehatan berbasis tim, dilakukan berdasarkan hasil kajian terhadap distribusi tenaga kesehatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2012.

Salah satu rekomendasi kajian menunjukkan bahwa penempatan tenaga kesehatan untuk daerah tertentu lebih baik jika dilakukan berbasis tim.

Kajian tersebut ditindaklanjuti dengan uji coba penempatan tenaga kesehatan berbasis tim pada tahun 2014 di 4 Puskesmas pada 4 kabupaten di 4 Propinsi (Prop. Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua) dan berhasil meningkatkan  kunjungan Puskesmas serta Upaya Kesehatan Masyarakat.

Dari segi tenaga kesehatan mereka merasa lebih nyaman karena ditempatkan dan bekerja dalam satu tim. Pada tahun 2015 telah ditempatkan Tim Nusantara Sehat Periode I sebanyak 142 orang di 20 puskesmas pada bulan Mei 2015 dan Tim Nusantara Sehat Periode II sebanyak 552 orang di 100 puskesmas pada bulan Desember 2015.

Siapa saja yang bisa daftar menjadi tenaga Kesehatan NS?

Program ini bersifat komprehensif dengan melibatkan anggota tim dengan berbagai jenis tenaga kesehatan, berikut adalah formasinya:

  • Dokter
  • Dokter Gigi
  • Perawat
  • Bidan
  • Tenaga Kesehatan Masyarakat
  • Tenaga Kesehatan Lingkungan (Kesling)
  • Tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik
  • Tenaga Gizi
  • Tenaga Kefarmasian

Catatan: Kebutuhan tenaga kesehatan biasanya disesuaikan.

Syarat Pendaftaran Nusantara Sehat apa aja sih?

Nah, berikut adalah beberapa syarat yang harus anda penuhi jika berminat daftar untuk menjadi tenaga kesehatan Nusantara Sehat, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia maksimal 48 tahun
  3. Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain pemerintah/swasta dan tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri
  4. Status sudah menikah atau belum menikah
  5. Sehat jasmani rohani
  6. Bebas narkoba
  7. Berkelakuan baik
  8. Wajib memiliki STR yang masih berlaku (Surat Keterangan STR yang sedang diproses tidak berlaku/tidak diterima)
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan
  10. Berpartisipasi pada program Jaminan Kesehatan Nasional dibuktikan dengan memiiki Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Berkas (File) Pendaftarannya apa aja yah?

Nah, untuk berkas atau file yang yang harus dipersiapkan untuk proses pendaftaran, anatara lain:

  1. Pas Foto
  2. Scan Ijasah
  3. Scan STR yang masih berlaku
  4. Scan KTP
  5. Scan Kartu Keluarga
  6. Sertifikat pelathan

Informasi Penting:

  • Semua file yang diupload harus kurang dari 250kb.
  • Bagi peserta yang sudah pernah mengikuti proses pendaftaran pada periode yang lalu, akun masih dapat digunakan untuk mendaftar.

Jadwal Pendaftaran Nusantara Sehat, kapan sih?

Untuk Informasi Pendaftaran Nusantara Sehat tergantung kebutuhan dari kemenkes, untuk memantaunya, silahkan cek secara rutin melalui website www.nusantarasehat.kemkes.go.id.

Pada website itu juga akan disampaikan tentang ketentuan tambahan yang harus anda penuhi seperti Peserta yang akan dipanggil untuk mengikuti Seleksi Tahap 2 sebanyak 2 X jumlah formasi yang tersedia dan Pendaftaran akan ditutup apabila kuota Seleksi sudah terpenuhi. Yang paling penting, cek terus website www.nusantarasehat.kemkes.go.id.

F.A.Q Pendaftaran Nusantara Sehat

Berikut ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh pengunjung calon pendaftar Nusantara Sehat:

Pertanyaan Seputar Pembuatan Akun

Tanya: Pak, Upload Foto Saya Gagal karena terlalu besar (Kebesaran)?

Jawab: Perlu dipahami, kami membatasi ukuran upload untuk foto sebesar 10Kb(Kilobyte), kami menyarankan anda menggunakan software untuk mengurangi ukuran foto anda. Atau anda bisa menggunakan aplikasi online ini untuk mengurangi ukuran foto anda di https://compress.smallpdf.com.

Tanya: Pak, Saya ingin mengupload foto tapi file foto saya bukan jpg?

Jawab: Perlu dipahami, kami membatasi tipe file upload hanya tipe file jpg saja, kami menyarankan anda menggunakan software untuk mengubah tipe file foto anda. Atau anda bisa menggunakan aplikasi online ini untuk mengubah file tipe foto anda di https://www.zamzar.com/.

Tanya: Pak, Saya melakukan “Forgot password” tapi saya tidak mendapatkan email?

Jawab: Email kami kadang tidak muncul di kotak masuk, jika tidak ada di kotak masuk silahkan periksa folder spam.

Tanya: Pak, Saya melakukan “forgot password” dan meng-klik tautan tapi tidak ada email balasan

Jawab: Perlu dipahami, hati-hati meng-klik link/tautan yang berada dalam email “Forgot password” kami, karena setiap di klik pada hari yang sama bapak/ibu melakukan permintaan pembaharuan password maka akan selalu dikirimkan password baru ke email bapak/ibu. Sebelum melakukan klik yang kedua, periksa dahulu folder spam anda jika belum menemukan email yang berisi password baru anda.

Tanya: Pak, saya sudah mendaftar dan mendapatkan email verifikasi tapi tidak bisa login

Jawab: Perlu dipahami, pastikan saat login menggunakan huruf kecil semua.

Tanya: Pak, saya telah mencoba mengirim ulang email untuk verifikasi, namun terdapat pesan Error “Akun anda tidak ditemukan”

Jawab: Pastikan tombol yang anda gunakan adalah “Kirim Ulang” dan bukan “Lupa Password”, untuk mengirim ulang email verifikasi anda, silahkan login memakai akun anda dan anda akan mendapatkan pesan “Akun Anda Belum Aktif, silahkan verifikasi email anda. Jika tidak ada periksa folder spam di email anda. Klik tombol kirim ulang untuk mengirim email verifikasi anda lagi” lalu ada tombol “kirim ulang” dan klik tombol tersebut. lalu anda diarahkan untuk mengetik ulang email anda. setelah itu email verifikasi akan dikirim ke email anda.

Tanya: Pak, Saya mendaftar dan mendapatkan pesan.

Jawab: Penjelasannnya.

  1. Email kami kadang tidak muncul di kotak masuk, jika tidak ada di kotak masuk silahkan periksa folder spam atau
  2. Jika email anda gagal terkirim, cobalah untuk login/masuk maka anda akan mendapatkan pesan error seperti ini “Akun Anda Belum Aktif, silahkan verifikasi email anda. Jika tidak ada periksa folder spam di email anda. Klik tombol kirim ulang untuk mengirim email verifikasi anda lagi” disertai dengan tombol “Kirim Ulang”. Silahkan klik tombol Kirim ulang untuk mengirim ulang email yang gagal terkirim kepada anda. akan muncul form dimana anda diminta memasukan email anda lagi, setelah oke cek folder pesan masuk di email anda, jika tidak ada periksa juga folder spam atau
  3. Email yang dibuat mendaftar tidak aktif atau kesalahan pengetikan email pada saat mendaftar sehingga email konfirmasi pendaftaran  tidak dapat diterima. Apabila kesalahan pada email saat mendaftar dapat dipastikan peserta tidak dapat membuat akun, sehingga diharapkan segera kontak panitia pada email nusantarasehat.kemkes@gmail.com.
  4. Email yang anda pakai untuk mendaftar, saat kami kirim email dikembalikan/ditolak oleh provider email yang anda pakai dikarenakan beberapa hal seperti alamat email tidak aktif atau alamat email tidak ada. sehingga diharapkan segera melakukan kontak kepada panitia pada email nusantarasehat.kemkes@gmail.com , kami akan menonaktifkan akun anda/menghapus akun anda, sehingga anda bisa mendaftar ulang dengan nik yang anda miliki. 

Tanya: Pak, saya sudah melakukan “Lupa Password” tapi saya belum mendapatkan email

Jawab: Perlu anda pahami, ulang proses “Lupa Password” yang sebelumnya anda lakukan, email Verifikasi permintaan perubahan password akan di kirim ulang ke email anda.

2. Pertanyaan Seputar Kelengkapan Berkas

Tanya: Pak, Saya belum punya str apa bisa ikut mendaftar?

Jawab: Perlu anda ketahui, STR syarat wajib pendaftaran.

Tanya: Pak, Saya belum punya Kartu BPJS/KIS dan NPWP

Jawab: Untuk kartu BPJS/KIS harus tetap diurus saat ini dan utk npwp sementara dapat diisi 999 apabila lulus tahap akhir dapat mengurus via online di website https://pajak.go.id atau  ke kantor pajak terdekat.

3. Pertanyaan Seputar Form Pendidikan

Tanya: Pak, Kenapa perguruan tinggi dan prodi saya tidak terdaftar pada website nusantara sehat?

Jawab: Disimak yah.

  1. Pastikan perguruan tinggi anda terdaftar pada PD DIKTI https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi dan untuk prodi https://forlap.ristekdikti.go.id/prodi.
  2. Apabila terdaftar pada PD DIKTI silahkan email ke nusantarasehat.kemkes@gmail.com dengan format nama perguruan tinggi_nama prodi Contoh: Poltekkes Jakarta I_Analis Kesehatan

Tanya: Kenapa saya selalu gagal di form pendidikan dan selalu muncul “silahkan periksa kembali pengisian data perguruan tinggi, prodi dan nim?

Jawab: Disimak yah.

  1. Pastikan silahkan cek https://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa untuk memastikan nim dan sesuaikan pengisian nim pada kolom pendaftaran sesuai nim yang terterai di PD DIKTI
  2. Apabila pengisian data sudah sesuai dengan yang tercantum PD DIKTI akan tetapi tidak dapat disimpan dan terdapat tulisan gagal, silahkan konfirmasi email ke nusantarasehat.kemkes@gmail.com.
  3. Pertanyaan lainnya.

Tanya: Pak, setelah sampai tahap akhir pengisian from preview dan kirim serta cetak bukti pendaftaran apa yang harus dilakukan?

Jawab: Pendaftaran anda berhasil dan silahkan menyimpan bukti pendaftaran dan menunggu pengumuman lulus seleksi administrasi dan pemanggilan seleksi psikotes

Tanya: Apabila sudah terpilih di peminatan lokus bisakah direset untuk pilih peminatan kembali dan apa konsekuensi bila lokus tersebut tidak diambil/tidak ikut pembekalan?

Jawab: Tidak bisa, peserta tidak hadir pembekalan dianggap mengundurkan diri dan akun akan didrop serta dibanned.

Kontak Bantuan

Apabila ada sesuatu dan lain hal yang hendak dipertanyakan, silahkan hubungi kontak HALO KEMKES di bawah ini:

Telpon ke (021) 1500567

Fax ke   021-52921669

Demikian artikel tentang nusantara sehat, apabila ada pertanyaan terkait artikel ini, anda bisa sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 comments

  1. Terima kasih atas info nyaaa. Tapi apakah tidak etis menampilkan gaji dan pendapatan seseorang yg bersifat pribadi…
    Jika dilihat dari nominal nya itu juga tidak benar .dari mana anda mendapat kan info tersebut apakah anda mencantumkan info yang valid??

  2. pak, saya sudah buat akun NS tapi baru ke tahap 2.. Ganti email bisa tidak? soalnya email yang saya pakai utk buat akun NS kemaren confirm ke nmr hp.. sedangkan nmr hp saya tsb sudah diblokir sama pihak telkomsel karena bermasalah.. Mohon solusinya pak

  3. Bapak/ibu Yth, maaf sblm nya saya udah lama daftar sudah berhasil tapi saat pembukaan bulan 8 tadi tidak ada konfirmasi lebih lanjut. Mohon jawaban nya terima kasih.