Pencapaian Indonesia dalam Pembangunan Millenium (MDGs)

  • Whatsapp
MDGs

Poltekkes.id – Artikel ini merupakan lanjutan dari pembahasan sistem kebijakan kesehatan global, nasional dan daerah. Seperti yang kita ketahui bahwa MDGs adalah salah satu kebijakan global yang disetujui oleh banyak negara melalui organisasi PBB.

Tujuan Pembangunan Milenium atau Milenium Development Goals adalah delapan tujuan pembangunan yang disetujui oleh 189 negara anggota PBB.

Deklarasi Millenium PBB ditandatangani pada bulan September 2000 yang mewajibkan para pemimpin negara dan dunia untuk memerangi kemiskinan, kelaparan, penyakit, buta huruf, degradasi lingkungan, dan diskriminasi terhadap perempuan.

Millenium Development Goals dijabarkan dari Deklarasi Millenium menjadi target dan indikator spesifik yang coba dicapai pada tahun 2015.

Tujuan Pembangunan Millenium

Ada delapan tujuan pembangunan milenium itu yang disepakati oleh 189 negara, antara lain:

  1. Mengentaskan kemiskinan dan kelaparan ekstrem
  2. Mencapai pendidikan dasar universal
  3. Mempromosikan kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan
  4. Mengurangi angka kematian anak
  5. Meningkatkan kesehatan ibu
  6. Memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit lainnya
  7. Menjamin kelestarian lingkungan
  8. Membangun kemitraan global untuk pembangunan

Tantangan Indonesia dalam Target MDGs

Tantangan terbesar Indonesia dalam bidang kesehatan yang tercakup dalam target MDGs adalah mengurangi angka kematian ibu. Krisis ini sebenarnya terkait dengan persoalan multidimensi seperti kemiskinan, minimnya akses kesehatan, hingga faktor budaya patriarkis yang dianut di banyak wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Analisis Kebijakan Kesehatan Global

Beragam faktor ini membuat kesehatan perempuan kerap tidak menjadi prioritas untuk ditangani. Seperti terlihat dalam diagram di bawah, kematian ibu melahirkan, penurunan penyakit HIV, keterjangkauan alat kontrasepsi (KB), dan akses terhadap air dan sanitasi merupakan capaian yang masih belum memuaskan.

Diagram Pencapaian MDGs Indonesia

Sumber: World Health Statistic Index *Target harus tercapai pada tahun 2015, **Target <50

Begitu MDGs berakhir pada 2015, Sustainable Development Goals (SDGs) akan menjadi acuan dalam perundingan negara-negara dunia untuk melanjutkan pembangun dari 2015 sampai 2030. SDGs dicanangkan untuk melanjutkan tujuan utama MDGs yang belum tercapai, antara lain permasalahan kesehatan ibu dan anak, akses terhadap air bersih dan sanitasi, dan status nutrisi.

Penutup

Demikian artikel tentang capaian Indonesia dalam pembangunan MDGs. Silahkan tuliskan kritik dan saran pada kolom komentar dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *