10 Mitos dan Fakta Virus Corona (COVID-19)

  • Whatsapp
mitos dan fakta virus corona

Mitos Virus Corona – Pandemi Covid-19 masih terjadi hampir diseluruh dunia, sayangnya sering beredar informasi seputar virus corona Covid-19 yang tidak akurat bahkan menjadi mitos.

Informasi tersebut akan menyulitkan setiap orang untuk mengetahui fakta yang sebenarnya. Jika informasi yang tidak akurat tersebut terus beredar di masyarakat, hal ini akan menyulitkan penanganan Covid-19, masyarakat diharapkan hanya mengakses atau memperoleh informasi dari sumber-sumber terpercaya.

10 Mitos dan Fakta Virus Corona

Terdapat banyak kesalahan masyarakat dalam menghadapi virus Covid-19 ini, berikut contoh-contoh mitos dan fakta seputar Covid-19 yang harus kita ketahui.

Mitos dan Fakta 1

Mitos : Berjemur dengan suhu diatas 25 derajat celcius bisa mencegah penyebaran corona.

Fakta : Negara tropis yang memiliki cuaca panas juga dikabarkan terjangkit Covid-19.

Mitos dan Fakta 2

Mitos : Covid -19 bisa menyebar lewat gigitan nyamuk

Fakta : Corona tidak dapat disebarkan melalui gigitan nyamuk, Virus hanya bisa ditularkan melalui tetesan penderita yang terinfeksi Covid-19, sedangkan nyamuk hanya menyebarkan bakteri.

Mitos dan Fakta 3

Mitos : Menahan napas selama 10 detik atau lebih tanpa batuk atau perasaan tidak nyaman, tandanya anda terbebas dari Covid-19 atau penyakit pernafasan sejenis.

Fakta : Bisa menahan nafas selama 10 detik tidak berarti kita terbebas dari Covid-19 atau penyakit pernafasan semacamnya, gejala covid-19 adalah batuk kering, kelelahan, dan demam, bahkan bisa merasakan gejala seperti pneumonia, cara terbaik mengetahui kita terjangkit corona atau tidak adalah dengan menjalani test laboratorium.

Mitos dan Fakta 4

Mitos : Terinfeksi corona berarti adalah akhir dari hidup anda.
Fakta : Banyak orang yang sudah terinfeksi Covid-19 bisa pulih.

Mitos dan Fakta 5

Mitos : Minum minuman beralkohol membuat anda terlindung dari infeksi Covid-19.

Fakta : Minuman beralkohol justru berbahaya bagi kesehatan, terutama jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan.

Mitos dan Fakta 6

Mitos : Pengering tangan efektif untuk membunuh virus Covid-19.

Fakta : Pengering tangan tidak efektif untuk melindungi dari virus tersebut, kita disarankan sering untuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir ataupun hand sanitiser.

Mitos dan Fakta 7

Mitos : Menyemprotkan alkohol / klorin ke seluruh tubuh dapat membunuh virus Covid-19.

Fakta : Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh bisa berbahaya bagi pakaian atau selaput lendir tubuh seperti mata dan mulut, karena alkohol dan klorin dapat berguna untuk disinfektan.

Mitos dan Fakta 8

Mitos : Tidak aman menerima surat atau paket dari cina.
Fakta : Orang yang menerima paket dari cina tidak berisiko tertular, karena virus corona tidak akan bertahan lama pada objek surat atau paket.

Mitos dan Fakta 9

Mitos : Makan bawang putih membantu mencegah infeksi Covid-19.
Fakta : Belum ada bukti dari wabah saat ini makan bawang putih melindungi orang dari virus corona meskipun memiliki sifat antimikroba.

Mitos dan Fakta 10

Mitos:  Mempengaruhi orang yang lebih tua.

Fakta : Orang dari segala usia dapat terinfeksi oleh Covid-19, disarankan orang dari segala usia untuk mengambil langkah untuk melindungi diri dari virus.

Baca Juga: Tips Menghadapi Covid-19 saat Ramadhan

Mengingat kasus Covid-19 yang sudah ada ditanah air, kita harus senantiasa bersiap diri menghadapi virus corona. Meski demikian, jangan sampai kita panik berlebihan sehingga menyebarkan berita kesehatan yang tidak benar mengenai penyebaran virus corona, pastikan kita tetap menjaga kesehatan dan kebersihan guna meminimalkan terjadinya risiko penularan virus Covid-19.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *