10 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Kamu

  • Whatsapp
manfaat habbatussauda jintan hitam

Habbatussauda atau jintan hitam (black seed) adalah sebuah jenis tanaman herbal yang berguna mengatasi berbagai masalah kesehatan. Saat ini, habbatussauda umum digunakan untuk membantu penurunan berat badan, menangani penyakit asma, diabetes, hipertensi, dan kondisi lainnya.

Berikut sejumlah manfaat habbatussauda untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui!

1. Mengurangi Gejala Asma

Menurut penelitian, mengonsumsi habbatussauda bersama dengan obat asma dapat membantu mengurangi gejala batuk, mengi, serta meningkatkan fungsi paru-paru penderita asma. Namun, hal ini hanya terjadi pada sebagian orang yang menderita asma saja, terutama mereka yang memiliki fungsi paru-paru yang sangat rendah sebelum perawatan.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Jintan hitam mungkin bisa menurunkan kadar gula darah pada beberapa orang. Namun, bagi penderita diabetes mengonsumsi jintan hitam justru dapat meningkatkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Hal ini dipercaya memberikan manfaat yang baik bagi penderita diabetes walau masih dibutuhkan uji klinis lanjutan untuk memastikan hal tersebut.

3. Menurunkan Berat Badan

Satu studi mengungkapkan kelompok wanita yang mengonsumsi minyak habbatussauda sambil diet rendah kalori selama delapan minggu mengalami penurunan berat badan, lingkar pinggang, dan kadar trigliserida yang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi jintan hitam.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi ekstrak jintan hitam untuk dua bulan terbukti bisa menurunkan tekanan darah seseorang walau tidak begitu signifikan.

5. Meningkatkan Fungsi Sperma

Konsumsi minyak jintan hitam bermanfaat untuk meningkatkan jumlah dan kecepatan pergerakan sel sperma pada pria dengan masalah infertilitas.

6. Mengurangi Nyeri Payudara

Mengoleskan gel yang mengandung minyak jintan hitam ke payudara selama siklus menstruasi terbukti dapat mengurangi rasa nyeri payudara yang dirasakan wanita.

7. Mengobati Radang Sendi

Berdasarkan hasil satu studi yang dilakukan pada tahun 2016, mengonsumsi minyak habbatussauda setiap hari selama satu bulan penuh terbukti dapat mengurangi gejala radang sendi dan jumlah sendi yang bengkak.

8. Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Jintan hitam mengandung zat atau senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mengonsumsinya dapat dapat mengurangi gejala peradangan yang Anda alami, misalnya sinusitis.

Menurut hasil studi yang dipublikasikan pada tahun 2018 lalu, minyak jintan hitam dikatakan memiliki potensi terapeutik dalam berbagai pengobatan karena memiliki sifat anti-inflamasi, antihistamin, antimikroba, dan dapat meredakan nyeri.

9. Mengatasi Gangguan Perut

Mengonsumsi jintan hitam atau mengoleskan minyaknya ke bagian perut dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit atau kram perut yang anda alami. Selain itu, minyak habbatussauda bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, mengurangi gas dalam perut, dan mencegah timbulnya borok.

10. Memiliki Sifat Antikanker

Jintan hitam memiliki sifat antikanker. Kandungan senyawa thymoquinone yang ada di dalam biji jintan hitam terbukti bisa mengurangi pertumbuhan tumor pada tikus lab.

Baca Juga:

Selain itu, minyak jintan hitam berkhasiat mencegah kanker kulit dan mengurangi dampak kerusakan jaringan tubuh akibat penggunaan radiasi untuk membunuh sel kanker yang terlalu sering.

Masih diperlukan penelitian dan uji klinis yang lebih lanjut pada manusia untuk memastikanmemastikan manfaat jintan hitam, terutama manfaat yang berkaitan dengan efek pengobatan dari penyakit diabetes, kolestrol, pencegahan kanker, gangguan perut, dan penurunan berat badan.

Referensi:

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *