Jerawat: Gejala, Penyebab, Pencegahan, Cara Mengatasi

jerawat

Punya masalah kulit? Bikin kamu minder? Waduh masalah banget dong, tetapi kamu harus tenang karena mimin akan mengulas seputar jerawat, lengkap dengan gejala, penyebab, penjegahan serta cara mengatasinya. Olehnya itu, simak artikel ini!

Apa itu Jerawat?

Jerawat merupakan masalah kulit yang banyak dialami oleh kebanyakan orang. Jerawat adalah istilah awam untuk Acne vulgaris, yang biasa terjadi pada usia remaja ketika terjadi perubahan hormon sehingga menghasilkan lebih banyak minyak.

Keadaan ini cenderung diturunkan dalam keluarga dan sama sekali tidak berbahaya. Tetapi beberapa orang yang mengalami kasus yang berat mungkin merasa sangat tertekan dan kehilangan kepercayaan diri.

Sampai saat ini belum ada cara penyembuhan yang tuntas, meskipun ada beberapa cara yang sangat menolong. Kondisi berjerawat akan mengalami perbaikan dengan bertambahnya usia.

Gejala Apa yang Ditimbulkan Oleh Jerawat?

Menurut informasi dari Medical News Today, gejala yang ditimbulkan oleh acne, yaitu:

  1. Bintik merah menonjol dan sakit, dapat berisi nanah, biasa di bagian wajah. Bisa juga timbul di bagian kulit kepala, leher, punggung dan dada bagian atas
  2. Bintik putih/hitam yang menonjol dan tidak sakit

Kok Bisa Jerawatan, Penyebabnya?

Penyebab dari jerawat itu belum diketahui dengan jelas. Diduga terjadi karena adanya sumbatan kelenjar minyak oleh keratin pada kulit, dan bila terkena infeksi jerawat bisa berubah menjadi bisul dan bernanah. Selain itu jerawat juga dapat timbul karena terjadinya peningkatan sebum akibat pengaruh hormonal, kondisi fisik dan psikologis.

Jika disertai sumbatan di muara kelenjar sebasea, aliran keluar sebum akan terbendung. Peningkatan populasi dan aktivitas dari Propionibacteri acnes juga dapat menyebabkan terjadinya jerawat, karena bakteri tersebut terdapat dibawah muara kelenjar sebasea dan suka makan lemak sebum.

Sebum berubah menjadi padat dikarenakan aktivitas dari bakteri P.acnes yang mengubah asam lemak tak jenuh menjadi asam lemak jenuh. Jumlah P.acnes di saluran keluar kelenjar sebasea akan bertambah banyak jika produksi sebum bertambah, karena bakteri ini merupakan pemakan lemak.

Produksi sebum juga dapat meningkat pada cuaca panas dan keadaan stress fisik atau psikis. Kelelahan dan gangguan emosi dapat menyebabkan kulit wajah lebih berminyak. Hal tersebut tentunya dapat memicu timbulnya jerawat.

Selain faktor diatas, kosmetika dan selalu terpapar oleh sinar matahari juga dapat menjadi salah satu pemicu dari timbulnya masalah kulit ini. Penggunaan alas bedak, blush on dan bedak padat dapat memicu munculnya jerawat, hal ini dikarenakan partikel kosmetik tersebut bisa menyumbat pori-pori atau bersifat Comedomik.

Untuk orang yang sering beraktivitas dibawah sinar matahari membuat tubuh akan berkeringat dan kelenjar minyak pun akan lebih aktif. Tumpukan minyak inilah yang menyebabkan jerawat muncul.

Min, Cara Mencegahnya Bagaimana?

Cara mencegahnya yaitu dengan melakukan hal seperti:

  1. Rajin membersihkan wajah, maksimal 2 kali sehari menggunakan sabun yang pembersih yang ringan
  2. Menurtisi kulit
  3. Melakukan diet makanan rendah lemak dan karbohidrat
  4. Mengurangi makanan pedas
  5. Hidup teratur
  6. Menghindari stress
  7. Menghindari polusi
  8. Menggunakan kosmetik secukupnya

Apa yang Dapat dilakukan Ketika Kita Berjerawat?

Adapun hal yang dapat kita lakukan ketika berjerawat yaitu kita harus selalu menjaga kulit tetap bersih dengan menggunakan sabun/pembersih yang ringan. Hindari selalu menyentuh wajah dan jangan memencet atau menusuk supaya tidak terjadi jaringan parut.

Untuk menghilangkannya, kita dapat melakukan hal seperti:

  1. Kompres dengan menggunakan es batu sebelum tidur, dipagi hari jerawat akan mengecil, atau
  2. Campurkan buah pala dengan susu, lalu oleskan di daerah yang berjerawat. Jerawat akan hilang tanpa meninggalkan bekas.

Demikian artikel tentang jerawat beserta gejala, penyebab, pencegahan dan cara mengatasinya. Mimin rekomendasikan agar kalian membaca juga artikel tentang SAKIT MAAG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *