Cara Cek Kuota Telkomsel

Cara Cek Kuota Telkomsel – Telkomsel ialah Provider Telekomunikasi terbesar dan terlaris di Indonesia, sebagian besar pengguna smartphone berbasis android & iOs maupun PC telah menggunakan-nya.

Keunggulan utama yang ditawarkan oleh Privider Telkomsel untuk semua pengguna berupa Jaringan Stabil. Selain itu, kalian akan diberikan pilihan untuk sebuah kuota internet yang ingin dibeli, tentukan lalu pilih sesuai kebutuhan.

Khusus pengguna telkomsel, kalian perlu mengecek kuota setiap saat. Jika tidak, kalian harus siap-siap kehilangan pulsa yang dimiliki. Sebab, ketika kuota internet sudah habis, namun kalian belum menyadari-nya maka secara otomatis menyedot pulsa.

Berbicara mengenai kuota internet memang perlu dilanjutkan, kehidupan yang kita jalani sekarang merupakan era digital. Tentunya, setiap pengguna smartphone canggih memerlukan yang nama-nya kuota internet.

Dengan begitu, kalian bisa leluasa berselancar ria didunia maya, memainkan aplikasi media social seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lain sebagainya. Itulah alasan-nya, para pengguna ponsel android & iOs sangat membutuhkan kuota internet.

Cara Cek Kuota Telkomsel

Cara Cek Kuota Telkomsel

Cara pengecekan kuota internet telkomsel sendiri cukup mudah untuk dilakukan, apalagi kini telah banyak pilihan metode yang bisa kalian terapkan. Untuk itu, kalian tak perlu cemas ketika ingin mengecek sisa kuota yang dimiliki.

Diera serba digital, hampir semua pengguna smartphone pasti membutuhkan koneksi jaringan internet. Entah itu Kuota Data / Paket Data ataupun jaringan WiFi, seakan akan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang.

Itulah sebab-nya, kebutuhan pokok sehari-hari harus bisa kalian control dan sebisa mungkin untuk menghemat-nya. Jika lalai dalam mengontrolnya, bisa-bisa kuota internet yang dimiliki akan cepat habis.

Maka dari itu, kalian perlu mengecek kuota internet setiap saat. Bagi pengguna provider Telkomsel, kami sudah menyiapkan beberapa metode untuk cara cek kuota telkomsel didalam ulasan ini.

Cek Kuota Internet Menggunakan Kode Dial

Cara Cek Kuota Telkomsel Via Kode Dial

Cara untuk mengecek kuota internet yang kalian miliki ialah menggunakan kode dial. Mungkin cara ini sering dilakukan para pengguna provider telkomsel yang ingin mengetahui sisa kuota internet yang dimiliki.

Cara kerja-nya sangat simple, itulah sebabnya sering diterapkan oleh pengguna telkomsel. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat tutorial selengkapnya sebagai berikut :

  • Pertama-tama, pilih menu Panggilan / Telepon di HP kalian masing-masing.
  • Masukkan *888# lalu tekan OK / Panggil.
  • Ketika dialog box ditampilkan, silahkan masukkan angka / nomor dengan keterangan Cek Kuota & Pulsa.
  • Lalu masukkan lagi nomor dengan keterangan Cek Kuota.
  • Maka dialog box selanjutnya akan ditampilkan lagi dengan beberapa pilihan dan keterangan, silahkan pilih nomor yang keterangan-nya Cek Kuota Internet.
  • Secara otomatis, kalian akan mendapatkan notifikasi berupa Permintaan Sedang Diproses. Jadi, tunggu beberapa saat.
  • Kalian akan mendapatkan sebuah SMS dari operator provider Telkomsel dengan format semua informasi tentang kuota internet yang tersisa.
Baca Juga :  WA Web

Sekedar informasi, cara mengecek kuota internet Telkomsel dengan kode dial sering berubah. Wajar saja karena pihak provider sering melakukan pembaharuan supaya meningkatkan system mereka.

Maka dari itu, sebaiknya kalian ikuti saja setiap langkah yang kami berikan pada tutorial diatas.

Cek Kuota Telkomsel Via SMS

Cara Cek Kuota Telkomsel Via SMS

Apabila anda pengguna Telkomsel ingin mengetahui sisa kuota internet yang dimiliki, silahkan mengecek-nya dengan memanfaatkan fitur / layanan SMS. Kalian hanya perlu mengirimkan permintaan pengecekan kuota lewat SMS, biaya untuk SMS-nya pun gratis.

Bagi yang belum pernah melakukan permintaan cek kuota lewat SMS, kalian tak perlu cemas karena kami sudah menyiapkan tutorial lengkap-nya. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kalian ikuti :

  • Masuk di menu SMS / PESAN.
  • Silahkan buat PESAN Baru.
  • Masukkan format pesan dengan UL (Spasi) Info
  • Lalu kirimkan pesan ini ke nomor 3636.
  • Jika sudah mengirimkan pesan, tunggulah beberapa saat sampai ada balasan dari pihak Telkomsel.

Apabila kalian belum mendapatkan sms balasan dari pihak operator dalam kurun waktu lebih dari 5 menit, kalian bisa mencoba mengirimkan SMS kembali dengan format yang berbeda.

Caranya, silahkan buat Pesan Baru lalu masukkan format FLASH (Spasi) Infov2 dan kirim ke 3636. Tunggu sampai kalian menerima SMS balasan yang memberikan informasi kuota telkomsel yang tersisa.

Cek Kuota Internet Telkomsel Lewat Aplikasi My Telkomsel

Kita semua sudah mengetahui setiap provider kartu perdana sudah membuat aplikasi resmi. Didalamnya terdapat berbagai layanan yang bisa membantu para pengguna-nya, provider Telkomsel pun sudah menyiapkan Aplikasi MyTelkomsel.

Aplikasi MyTelkomsel bisa kalian gunakan untuk pembelian kuota maupun pulsa, jadi kalian tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli pulsa & kuota dikonter terdekat.

Selain itu, aplikasi MyTelkomsel bisa memberikan semua informasi yang diperlukan oleh pengguna-nya. Seperti mengecek sisa kuota internet, sisa kuota, masa aktif dan lain sebagai-nya.

Jika ingin mengecek kuota internet melalui aplikasi MyTelkomsel, kalian ikuti saja setiap langkah yang kami siapkan dibawah ini :

  • Pertama, kalian haru mengunduh aplikasi MyTelkomsel lebih dahulu, aplikasi-nya sudah tersedia di playstore dan bisa diunduh secara gratis.
  • Silahkan buka aplikasi MyTelkomsel yang sudah terinstall, masukkan Nomor HP Telkomsel yang kalian gunakan.
  • Lalu tekan Lanjut.
  • Setelah itu, kalian dimintai untuk memasukkan kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui SMS.
  • Jika sudah mendapatkan KODE-nya, masukkan langsung dan klik Lanjut.
  • Dengan begitu, semua informasi yang kalian miliki akan terlihat ditampilan utama aplikasi MyTelkomsel.
  • Mulai dari sisa Pulsa, Kuota hingga masa aktif kartu Telkomsel kalian.
  • Apabila kurang detail, kalian bisa memilih layanan Jumlah Kuota.
Baca Juga :  Cara Cek Kuota 3 Tri

Menurut kami, cara mengecek kuota melalui aplikasi MyTelkomsel merupakan cara paling tepat & efektif. Oleh sebab itu, bagi pengguna provider Telkomsel harus mengunduh dan menginstall aplikasi MyTelkomsel.

Cara Cek Kuota Internet Lewat Telkomsel.com

Provider Telkomsel memiliki situs website resmi yang beralamat Telkomsel.com. Kalian bisa melihat semua layanan ataupun produk baru dari provider Telkomsel disitu.

Bahkan, kalian pun bisa memanfaatkan situs-nya untuk pengecekan kuota internet dan pulsa yang tersisa. Caranya cukup mudah, kalian bisa melihatnya dibawah ini :

  • Pilih browser Chrome atau Mozila.
  • Silahkan ketikkan URL https://my.Telkomsel.com/ dikolom pencarian browser yang digunakan.
  • Kalian akan dimintai memasukkan nomor HP yang digunakan, silahkan cantumkan nomor HP provider Telkomsel yang kalian pakai.
  • Lalu tekan Kirim Kode.
  • Masukkan Kode Verifikasi yang sudah kalian terima dikolom yang tertera pada situs telkomsel.com.
  • Kemudian pilih icon menu Telepon.
  • Silahkan cek kuota yang tersisa dikartu kalian.

Itulah langkah-langkah yang harus kalian ikuti, apabila ingin melakukan pengecekkan sisa kuota internet ataupun sisa pulsa yang dimiliki menggunakan layanan dari situs my.telkomsel.com.

Cek Kuota Via Email

Cara yang satu ini memang tidak terlalu popular, bahkan jarang dipilih atau digunakan. Tidak seperti cara-cara yang sudah kami jelaskan sebelumnya, namun cara cek kuota melalui email terbukti efektif.

Jika ingin mencobanya, kalian bisa langsung mengirimkan email dengan format permintaan pengecekan kuota & pulsa telkomsel ke alamat email cs.telkomsel.co.id

Cek Kuota Telkomsel Lewat Customer Service / CS

Cara yang terakhir jika ingin mengetahui sisa kuota internet maupun pulsa, kalian bisa menghubungi langsung layanan Customer Service / CS Telkomsel. Cara ini sangat efektif karena kalian akan langsung diberikan jawaban.

Namun perlu kalian ketahui, jika menghubungi customer service diperlukan pulsa karena kalian akan dikenakan tarif atau biaya. Nomor Customer Service Telkomsel yang bisa kalian hubungi yakni 188.

Cara Aktivasi Kuota Telkomsel

Apabila kuota internet yang kalian miliki sudah habis, tentunya harus segera membeli-nya lagi. Nah, dikesempatan inipun kami sudah menyiapkan cara aktivasi kuota internet yang bisa kalian ikuti.

Untuk itu, bagi pengguna provider Telkomsel yang belum mengerti cara aktivasi kuota internet, mungkin tutorial ini sedikit membantu.

Baca Juga :  Cara Cek Kuota XL

Inilah cara aktivasi kuota telkomsel melalui Kode Dial :

  • Langkah awal, masuk dimenu Panggilan atau Telepon.
  • Masukkan kode dial-nya berupa *363# lalu tekan OK/Yes.
  • Maka akan muncul langsung pilihan Paket Internet Telkomsel, pilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan kalian.
  • Silahkan ikuti semua proses yang diberikan, sampai menemukan opsi BUY atau BELI.
  • Tekan Beli dan tunggu prosesnya selesai.

Jika tidak ingin ribet mengulangi cara aktivasi kuota internet setiap minggu / bulan-nya. Kalian bisa menggunakan layanan Berlangganan, caranya sudah kami siapkan dibawah.

Cara Aktivasi Kuota Telkomsel Berlangganan

Ikuti saja setiap langkah yang sudah kami siapkan, apabila kalian ingin aktivasi kuota telkomsel secara berlangganan. Silahkan simak dan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Pergi ke menu Panggilan / Telepon
  • Masukkan kode dial up *363#
  • Tekan Call atau OK/YES.
  • Berbagai pilihan Paket Internet Telkomsel akan ditampilkan.
  • Silahkan masukkan pilihan nomor 2 lalu tekan OK.
  • Kalian pun bisa memilihi pilihan Paket Internet lain-nya, susai yang dibutuhkan.
  • Lalu tekan BUY / Beli
  • Dan, tunggu hingga kalian mendapatkan SMS balasan.

Itulah beberapa cara cek kuota internat yang bisa kami sampaikan, silahkan pilih cara mana yang ingin diterapkan.

Cara Menghemat Kuota Internet

Ingin menghemat kuota internet telkomsel yang kalian punya ? Jika iya, kalian terapkan beberapa cara yang kami siapkan dibawah ini.

1. Aktifkan Notifikasi Pembatasan Penggunaan Kuota

Setiap jenis smartphone canggih pasti memiliki fitur / settingan opsi yang satu ini, kalian akan mendapatkan keuntungan jika mengatifkan opsi tersebut. Salah satu keuntungan-nya ialah menghemat kuota internet telkomsel yang kalian punya.

Ketika opsi ini diaktifkan, kalian akan mendapatkan sebuah notifikasi ketika penggunaan kuota internet hampir mencapai batasas-nya. Cara mengatifkan opsinya pun sangat mudah, kalian bisa mengatifkannya melalui pengutaran atau setting HP android & iOs yang digunakan.

2. Berhemat / Menghemat

Kalian harus bisa membatasi penggunaan internet, sebisa mungkin menggunakan-nya hanya untuk hal-hal postif saja. Dan, kalian pun harus bisa menghindari penggunaan kuota untuk hal-hal yang tidak berguna.

3. Gunakan Jaringan WiFi

Jika ingin menghemat kuota internet, kalian harus bisa memanfaatkan jaringan WiFi yang ditemukan. Apalagi sekarang, jaringan WiFi bisa kalian temukan dimana-mana, silahkan manfaatkan sebaik mungkin.

4. Membatasi Penggunaan Aplikasi

Bagi yang mau mengirit kuota internet, alangkah baik-nya kalian membatasi penggunaan aplikasi online seperti Facebook, Instagram, TikTok dan aplikasi medsos lain-nya.

Aplikasi medsos yang paling banyak menyedot & menguras kuota internet kalian ialah TikTok & Instagram. Silahkan kurangi penggunaan kedua aplikasi media social tersebut.

Penutup

Mungkin sampai sini saja pembahasan tentang Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Terbaru 2021. Jika ada kesalahan kata ataupun tutorial dalam ulasan diatas mohon dimaklumi.