Cara Cek Kuota 3 Tri

Cara Cek Kuota 3 Tri – Tri merupakan salah satu provider telekomunikasi terbesar yang ada di Indonesia. Sebagian besar warganet memilih menggunakan kartu perdana tri, alasanya karena banyak-nya tawaran yang diberikan berupa harga paket internet murah serta jangkaun sinyal-nya terbilang luas.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan provider Telkomsel, jangkaun sinyal milik tri masih belum bisa menyaingi. Namun itu semua tidak mengurangi pengguna tri dikalangan masyarakat tanah air, buktinya pengguna baru provider tri setiap hari-nya selalu bertambah.

Semua itu berkat tawaran berupa paket kuota internet yang disiapkan oleh Provider kartu perdana 3 tri. Bahkan sudah disediakan-nya pilihan paket kuota yang bisa kalian pilih, seperti paket kuota harian, mingguan sampai bulanan.

Adapula pilihan paket kuota yang dikhususkan untuk live streaming dan kegiatan download / unduhan. Harga paket kuota data internet yang ditawarkan oleh provider 3 pun sangat terjangkau, inilah salah satu keunggulan yang dimiliki provider tri.

Namun ada kala-nya pengguna kartu tri sering kelupaan untuk mengecek sisa kuota yang dimiliki. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kami ingin memberikan pilihan cara cek kuota tri supaya bisa membantu pengguna tri semua-nya. Berikut infomasi selengkapnya.

Cara Cek Kuota 3 Tri dengan Mudah dan Praktis

Cara Cek Kuota 3 Mudah

Tidak sedikit pengguna kartu tri sering kelupaan bahwa paket kuota data internet-nya sudah habis, mungkin dikarenakan mereka terlalu asik menggunakan-nya sehingga lupa.

Untuk itu, mulai dari sekarang kalian harus sering mengecek kuota internet tri yang tersisa, selain untuk mengontrol pemakaian data internet kalian juga bisa mengantisipasi kehabisan kuota internet secara mendadak,

Cara mengecek kuota data internet tri tidaklah sulit, kalian bisa melalui cara SMS, Kode USSD / Kode Dial ataupun melalui Aplikasi resmi provider tri yaitu Bima. Silahkan pilih cara yang disukai dan dianggap lebih mudah.

Apabila pengguna tri yang hingga kini belum pernah melakukan pengecekkan kuota internet, mungkin merasa bingung dan harus melakukan langkah seperti apa. Maka dari itu, kami sudah menyiapkan cara cek kuota 3 secara lengkap dibawah ini.

1. Cara Cek Kuota 3 via SMS / Pesan

Cek Kuota 3 Via SMS

Cara mengecek kuota 3 paling mudah menurut pendapat kami ialah memanfaatkan atau lewat Pesan / SMS. Kalian juga bisa mengirimkan pesan tanpa perlu pulsa, karena cara cek kuota tri via SMS bebas biaya atau gratis.

Baca Juga :  Download Video TikTok Tanpa Watermark

Nah buat pengguna yang belum pernah melakukan-nya, kalian bisa melihat cara cek kuota tri lewat Pesan / SMS sebagai berikut :

  1. Buka HP android & iOs kalian.
  2. Pilih menu SMS / Pesan singkat.
  3. Silahkan buat pesan baru dan tuliskan format-nya seperti berikut “ INFO DATA “
  4. Jika sudah, masukkan nomor penerima “ 234 “
  5. Lalu tekan “ Kirim “ untuk mengirimkan pesan-nya.
  6. Tunggu beberapa saat sampai pihak operator 3 mengirimkan BALASAN SMS dengan isi format berupa informasi tentang sisa kuota yang kalian miliki.

Gampang kan ? Cara cek kuota tri via SMS sering dipilih pengguna yang ingin mengetahui sisa kuota mereka karena mudah untuk diterapkan. Tapi kalian perlu tahu, ada cara yang lebih mudah dan praktis dari SMS yaitu melalui Kode USSD / Kode Dial.

2. Cara Cek Kuota 3 via Kode USSD / Dial

Cek Kuota 3 Via Kode Dial

Jika dirasa cara cek kuota tri melalui SMS terlalu ribet untuk kalian, maka cobalah melalui Kode USSD / Dial. Banyak yang bilang cara mengecek kuota tri melalui kode dial lebih mudah dan praktis.

Untuk itu, bagi pengguna yang ingin mengetahui sisa kuota internet-nya, silahkan ikuti panduan lengkapnya sebagai berikut :

  1. Langkah awal, silahkan masuk di menu Telepon atau Panggilan pada perangkat kalian.
  2. Ketikkan langsung kode USSD / kode dial-nya yakni “ *111# “
  3. Lalu klik Call, OK/Yes.
  4. Kemudian akan ditampilkan beberapa pilihan, silahkan pilih nomor 4 untuk cek kuota.
  5. Tekan Kirim.
  6. Selanjutnya pilih nomor 2 untuk Kuota DATA.
  7. Tekan Kirim.
  8. Kemudian kalian pilih kembali pilihan nomer 1 untuk Kuota Data Reguler.
  9. Tekan Kirim.
  10. Maka akan muncul sebuah Notifikasi berupa “ Permintaan cek kuota tri sedang diproses “
  11. Silahkan tunggu sampai kalian menerima pesan / SMS dengan isi informasi sisa kuota yang kalian punya.

Cara mengecek kuota 3 melalui Unstructured Supplementary Service Data atau disingkat USSD lebih mudah untuk diterapkan. Kami pun menyarankan kepada pengguna tri agar menggunakan cara ini, daripada melalui pesan singkat / SMS yang cukup ribet.

3. Cara Cek kuota Tri via Aplikasi Bima+

Cek Kuota 3 Lewat Aplikasi BIMA

Bagi semua pengguna provider 3 Tri diwajibkan untuk menginstall aplikasi Bima+, jika dulu aplikasi ini bernama Bima Tri namun sudah diganti oleh pihak Provider menjadi Bima+.

Kenapa pengguna 3 harus menginstall-nya ? Sebab, pengguna akan mendapatkan keuntungan lebih, karena didalam aplikasi Bima+ kerap sekali memberikan promo special untuk pembelian paket kuota data internet.

Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui semua informasi yang dimiliki oleh kartu perdana tri yang digunakan. Seperti sisa pulsa, sisa data internet dan masa aktif kartu 3, semua informasinya akan terpampang dihalaman utama aplikasi Bima+.

Baca Juga :  Sound of Text

Itulah sebab-nya pengguna tri diharuskan menginstall aplikasi tersebut. Aplikasi Bima+ bisa kalian download lewat playstore dan appstore dengan harga gratis. Cara mengecek sisa kuota tri melalu aplikasi Bima+ bisa kalian lihat langkah-nya seperti berikut :

  1. Pertama, apabila kalian belum menginstall aplikasi-nya, silahkan download Bima+ lebih dahulu.
  2. Jika aplikasinya sudah terinstall, silahkan buka dan lakukan proses pendaftaran dengan mencantumkan Nomor Tri dan Email aktif kalian.
  3. Setelah berhasil LOGIN di BIMA+, kalian akan langsung melihat sisa kuota dan informasi lain-nya.

Selain itu, apabila kuota internet yang kalian punya sudah habis, kalian juga bisa langsung membeli paket internet sesuai kebutuhan melalui BIMA+.

4. Cara Cek Kuota Tri via Website

Cara Cek Kuota 3 Melalui Website

Cara mengecek sisa kuota internet tri selanjutnya bisa melalui website resmi dari pihak provider tri Indonesia. Perlu pengguna tri ketahui, pada situs resmi tri Indonesia menyediakan layanan khusus serta sering memberikan harga promo untuk paket kuota internet murah.

Situs resmi tri Indonesia juga bisa membantu setiap pengguna-nya ketika ingin mengecek kuota internet yang tersisa. Supaya lebih jelasnya, kalian bisa melihat tutorial cek kuota tri via website resmi yang kami siapkan dibawah ini :

  1. Pertama-tama, kalian pilih salah satu Browser yang akan digunakan untuk mengakses situs resmi tri indonesaia.
  2. Pilih saja Chrome lalu masukkan URL lengkapnya seperti ini “https://internet.tri.co.id/
  3. Dihalaman utama situsnya, kalian perlu melakukan LOGIN menggunakan Nomor 3 atau Email aktif kalian.
  4. Setelah itu, kalian tunggu beberapa saat hingga mendapatkan sebuah Pesan / SMS baru.
  5. Isi pesan-nya berupa sebuah Kode Verifikasi, jika sudah mendapatkan Kode-nya silahkan Copy.
  6. Lalu masukkan / tempelkan dikolom yang disiapkan, kemudian klik LOGIN.
  7. Apabila proses LOGIN sudah berhasil, kalian akan dibawa kehalaman utama situs tersebut.
  8. Dan, semua informasi tentang kartu tri kalian akan ditampilkan. Silahkan cari dan lihat sisa kuota tri yang tersisa, jika sudah mau habis kalian bisa langsung membeli paket kuota internet murah yang disediakan dalam situs website tri Indonesia.

Nah itulah beberapa cara cek kuota tri yang bisa kami berikan, silahkan pilih salah satunya yang menurut kalian lebih mudah dari yang lain-nya. Kami pun sudah menyediakan cara aktivasi kuota kartu tri, jika penasaran kalian bisa simak informasi lengkapnya dibawah.

Cara Aktivasi Kuota 3 Tri dengan Sangat Mudah

Cara Aktivasi Kuota 3 Tri dengan Sangat Mudah

Selain menyediakan berbagai pilihan cara untuk mengecek sisa kouta, provider Tri pun telah menyiapkan beberapa layanan untuk proses aktivasi kuota data internet dengan cara yang mudah.

Sekarang sudah banyak cara aktivasi kuota 3 yang bisa kalian lakukan, jika ingin mencoba-nya kalian bisa melihat cara-caranya dibawah ini.

Baca Juga :  Cara Melacak Nomor HP

1. Cara Aktivasi Kuota 3 via SMS / Pesan

Cara aktivasi kuota internet kartu 3 yang pertama bisa melalui PESAN / SMS, kalian hanya perlu mengirimkan pesan ke nomor operator tri. Untuk format-nya, tergantung dari pilihan paket kuota internet yang akan kalian beli.

Jika pengguna ingin membeli paket kuota 1H2GB, kalian bisa ikuti cara aktivasi kuota 3 seperti berikut :

  • Masuk di menu Pesan / SMS.
  • Silahkan buat pesan baru dengan format MAU 1H2GB
  • Lalu kirimkan ke nomor 234.
  • Tunggu sampai ada pesan balasan.

Untuk pembelian kuota 3 2GB dengan harga Rp 1.500, kalian bisa mengikut cara aktivasi-nya seperti berikut :

  • Pilih menu Pesan / SMS.
  • Buatlah pesan dengan format HA
  • Lalu kirimkan ke 111
  • Tunggu beberapa menit sampai ada SMS balasan masuk di nomor tri yang kalian pakai.

2. Cara Aktivasi Kuota 3 via Kode Dial / USSD

Jika pengguna ingin melakukan aktivasi kuota internet 3 dengan cara yang paling simple, maka kami sarankan untuk menggunakan kode dial / USSD. Jika bingung, kalian bisa lihat tutorial lengkapnya dibawah ini :

  • Masuk di menu Telepon / Panggilan.
  • Ketikkan kode dial untuk aktivasi kuota internet seperti ini “ *111*1# “
  • Lalu tekan Call, OK/Yes.
  • Pilihan paket kuota 3 akan ditampilkan, silahkan pilih paket kuota internet sesuai keinginan dan kebutuhan kalian.
  • Silahkan masukkan nomor pilihan paket kuota yang ingin dibeli.
  • Lalu konfirmasi dan tunggu prosesnya diselesaikan.

Cara aktivasi kuota 3 lewat kode dial / USSD sering diterapkan oleh pengguna tri, karena memang langkahnya sangat simple dan lebih mudah daripada melalui pesan singkat.

3. Cara Aktivasi Kuota 3 via BIMA+

Seperti yang sudah kami katakan diatas, aplikasi BIMA+ bukan hanya bisa untuk cara cek kuota 3 saja. Pengguna-nya pun bisa memanfaatkan BIMA+ untuk pembelian paket kuota internet.

Jika ada yang belum pernah melakukan cara aktivasi kuota 3 melalui BIMA+, kalian tidak perlu cemas karena kami sudah menyediakan tutorial lengkap-nya sebagai berikut :

  1. Pertama, kalian unduh BIMA+ melalui playstore atau appstore bagi yang belum memiliki-nya.
  2. Jika sudah menginstall-nya, silahkan buka BIMA+ lalu LOGIN menggunakan nomor tri yang kalian gunakan.
  3. Kemudian pilih kategori DATA BULANAN.
  4. Berikutnya pilih salah satu jenis Paket Kuota Internet sesuai kebutuhan yang ingin dibeli.
  5. Setelah itu, lakukan proses pembayaran sampai selesai.
  6. Tunggu sampai kuota internet yang kalian beli berhasil masuk.

Kesimpulan-nya, apabila kalian termasuk pengguna provider 3 Tri harus menginstall aplikasi BIMA+. Sebab, semua kebutuhaan seperti aktivasi kuota internet dan cek kuota 3 sudah disediakan.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Cara Cek Kuota & Cara Aktivasi Kuota 3 Tri Paling Sederhana & Mudah. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk semua pembaca setia Poltekkes.id