Aplikasi Edit Foto

Aplikasi Edit Foto di perangkat komputer sudah tidak bisa terhindarkan, maka sudah tidak aneh bila setiap orang telah menyimpan beberapa aplikasi semacam ini diperangkat komputer yang mereka miliki.

Aplikasi yang paling sering digunakan saat mengedit sebuah foto melalui komputer & laptop ialah Adobe Photoshop. Bahkan, sudah bisa dikatakan jika aplikasi yang satu ini begitu terkenal, serta telah diinstall oleh sebagian pengguna laptop / PC di tanah air.

Sebenarnya, aplikasi untuk proses editing sebuah foto kini telah banyak jenisnya. Bahkan ada pula yang lebih bagus serta fitur-fiturnya lebih berkhualitas daripada yang dimiliki Photoshop.

Jika dihitung jumlahnya mungkin sudah tidak bisa kita hitung menggunakan jari. Bagi yang tertarik dan ingin mengetahui-nya, kalian bisa mengikuti ulasan yang Poltekkes berikan dikesempatan ini.

Sebab, kami akan memberikan rekomendasi sebuah aplikasi edit foto terbaik untuk PC / Laptop & Android / iOs.

Aplikasi Edit Foto PC Terbaik

Aplikasi Edit Foto PC atau Laptop

Diulasan ini, kami akan memberikan beberapa aplikasi yang bisa membantu proses editing foto melalui PC / Laptop. Kalian perlu mengetahui, tidak semua aplikasi yang kami berikan bersifat gratis.

Ada beberapa aplikasi yang perlu dibeli terlebih dahulu, sebelum bisa digunakan dan dinikmati semua fitur-fiturnya.

Langsung saja kalian simak baik-baik rekomendasi aplikasi edit foto terbaik untuk PC / Laptop berikut ini.

1. Adobe Photoshop

Adobe-PhotoShop

Aplikasi edit foto yang pertama akan kami bahas ialah Adobe Photoshop. Siapa sih yang tidak kenal Adobe Photoshop di era modern ini ? Kami yakin sebagian pengguna sudah mengenal jelas aplikasi tersebut.

Apalagi dikalangan selegram maupun youtuber ternama, tentunya mereka selalu memanfaatkan aplikasi adobe photoshop untuk menghasilkan hasil foto yang berkhualitas tinggi.

Maka tak heran, mereka yang ingin mendapatkan hasil foto lebih bagus serta memuaskan, pastinya akan memanfaatkan aplikasi yang satu ini. Fitur-fitur yang dimiliki adobe photoshop sangat beragam, sehingga lebih membantu dalam proses  editing foto.

Dengan adanya pilihan fitur menarik & canggih, membuat aplikasi ini menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang memiliki hobi edit-mengedit foto. Sayang-nya, kalian harus mengeluarkan uang sebesar Rp 200 ribu rupiah per-bulan, ketika ingin menikmati semua fitur yang ada di adobe photoshop.

2. Adobe Lightroom

Adobe-Lightroom

Apabila kalian merasa terbebani dengan harga aplikasi adobe photoshop yang cukup mahal. Maka, kalian bisa mencoba menggunakan Adobe Lightroom, kabarnya fitur yang dimiliki hampir sama dengan Photoshop.

Memang pada awalnya, fungsi utama aplikasi Adobe Lightroom hanya untuk katalog. Namun seiring berjalan-nya waktu pihak pengembang aplikasi ini telah memasukkan beberapa fitur tiruan dari Photoshop.

Maka dari itu, sekarang aplikasi Adobe Lightroom bisa kalian manfaatkan untuk menghasilkan hasil foto yang lebih keren, jernih dan berkhualitas layaknya hasil dari Photoshop.

3. DxO PhotoLab

DxO PhotoLab

DxO PhotoLab akan menghasilkan gambar atau foto berkhualitas layak-nya diedit oleh para professional. Walaupun aplikasi ini memiliki tools yang membingungkan para pengguna-nya, tapi tidak ada salahnya untuk kalian gunakan.

Berbagai fitur canggih bisa kalian temukan diaplikasi ini, tak heran karena aplikasi DxO PhotoLab hanya digunakan para editor gambar & foto yang sudah professional.

Jika anda pemula dibidang editor, kami tidak menyarankan untuk menggunakan aplikasi DxO PhotoLab. Sebab, cara menggunakan-nya cukup rumit, dari awal pun aplikasi ini hanya ditunjukkan untuk para professional seperti Fotografer kelas atas.

4. Adobe Photshop Elements

Adobe Photshop Elements

Apabila anda baru pertama kali menggunakan Adobe Photoshop untuk keperluan editor, mungkin kalian merasa bingung ketika mengoperasikan-nya bukan ? Wajar saja, karena semua fitur serta cara kerja diaplikasinya 90% manual.

Hal inilah yang membuat vendor Adobe mengeluarkan aplikasi terbarunya yang diberinama Adobe Photoshop Elements. Tujuan-nya supaya semua pengguna bisa langsung menggunakan-nya tanpa kesulitan.

Di adobe photoshop elements, pengguna bisa mengedit sebuah foto atau gambar secara otomatis. Dikarenakan, sudah disediakannya fitur tersebut. Dengan begitu, meskipun gambar yang kalian edit berjumlah puluhan atau ratusan, jika mengeditnya diaplikasi ini maka tidak perlu membutuhkan waktu lama.

5. Corel PaintShop Pro

Corel PaintShop Pro

Selanjutnya ada Corel PaintShop Pro yang tersedia berbagai seri, kalian bisa menggunakan seri terbarunya yakni seri 2020. Pada seri 2020 kalian ditawarkan sebuah keunggulan terbaik yang dimiliki aplikasinya.

Aplikasi edit foto PC yang satu inipun sangat disukai para Fotografer Profesional diseluruh dunia termasuk Indonesia. Bahkan, ada beberapa  anggapan jika Corel PaintShop Pro digadang-gadang bisa menyaingi Adobe Photoshop.

Hal ini dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki Software edit foto PC terbaik yakni Corel PaintShop Pro sangat beragam dan premium. Tapi sayang-nya, software edit foto PC ini tidaklah gratis, kalian harus rela mengeluarkan sejumlah uang ketika tertarik memilikinya.

6. GIMP

GIMP

Jika anda mau menggunakan Software Edit Foto PC Terbaik secara gratis, maka kami sarankan untuk download aplikasi GIMP. Meskipun bersifat gratis, GIMP memiliki beberapa fitur yang sama dengan Adobe Photoshop.

Maka tak heran, para fotografer maupun desainer pemula sangat menyukai aplikasi GIMP. Dengan aplikasi GIMP, kalian bisa leluasa mengedit foto / gambar, membuat sebuah logo dengan memanfaatkan semua fitur & tools yang disediakan.

Semua jenis OS windows mulai dari Linux, Mac dan lain sebagainya bisa menyimpan aplikasi GIMP tanpa mengeluarkan biaya. Oleh karena itu, bagi anda yang mencari software edit foto PC gratisan, sebaiknya download GIMP segera.

7. Skylum Luminar

Skylum Luminar

Software edit foto PC terbaik selanjutnya ialah Skylum Luminer. Aplikasi ini memiliki 45 filter lebih yang begitu menarik dan keren. Selain menyediakan beragam pilihan filter menarik, Skylum Luminar juga tak kalah kurang Tools canggih didalam-nya.

Hampir semua tools yang ada didalam aplikasi Skylum Luminar bisa dioperasikan tanpa kendala lelet sedikitpun. Apabila kalian menggunakan aplikasi ini untuk mengedit sebuah foto / gambar, kalian bisa lebih mudah memperbaiki kehalusan warna.

Kalian pun bisa mengedit sebuah foto menjadi berkhualitas tanpa memerlukan waktu lama, hanya dengan mengatifkan salah satu fiturnya yang bernama Automatic Correction.

8. Cyberlink PhotoDirector

Cyberlink PhotoDirector

Biasanya, supaya mahir dalam hal mengedit foto / gambar maupun video, kalian harus memerlukan pengalaman serta membutuhkan waktu lama. Semenjak hadirnya Cyberlink PhotoDirector, patokan sebuah pengalaman tidak lagi berguna.

Sebab, kalian bisa menghasilkan hasil foto berkhualitas layaknya diedit menggunakan Photoshop tanpa pengalaman yang cukup. Kalian hanya perlu memanfaatkan Cyberlink PhotoDirector.

Menyediakan pilihan fitur serta tools yang mudah digunakan, membuat para pemula dibidang fotografer akan langsung menguasai teknik edit foto berkhualitas tinggi. Itulah sebabnya, aplikasi Cyberlink PhotoDirector sangat disukai.

Kekurangan yang dimiliki Software edit foto PC bernama Cyberlink PhotoDirection hanya satu, aplikasinya bersifat berbayar. Jadi, dikalangan fotografer pemula akan sedikit kesulitan untuk mendapatkanya.

Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android / iOs

Aplikasi Edit Foto Android dan iOS

Diera modern seperti sekarang, kalian bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai aplikasi media social seperti Instagram maupun Tiktok. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mengunggah sebuah video maupun foto-foto keren sesering mungkin.

Tentunya, foto yang kalian bagikan di aplikasi instagram atau Tiktok harus menarik dan berkhualitas. Supaya foto kalian menjadi lebih keren dan enak dilihat, maka diperlukan sebuah aplikasi edit foto terbaik di android & iOs.

Apabila kalian belum mengenal aplikasi yang cocok untuk mengedit foto lewat perangkat android ataupun iOs. Kami sarankan untuk menyimak kumpulan aplikasi edit foto android & iOs terbaik saat ini.

1. Adobe Lightroom

Jika anda belum mengenal aplikasi adobe lightroom, kami yakin kalian tidak pernah melakukan pengeditan sebuah foto / gambar sekalipun. Sebab, aplikasi Adobe Lightroom merupakan apk edit foto android terbaik dan paling terkenal dikalangan warganet.

Aplikasi ini menyematkan puluhan fitur yang sangat lengkap, memudahkan proses editing sebuah foto maupun video kalian. Semua orang akan bisa menggunakan aplikasi ini, dikarenakan tampilan serta system pengoperasikannya terbilang sangat sederhana.

Semua fitur Filter maupun Effeck bisa digunakan dengan mudah dan cepat, kalian bisa mengatur kecerahan gambar, mangatur spectrum warna dan bayangan. Jika penasaran dengan semua fiturnya, kalian bisa segera download adobe lightroom melalui Playstore & Appstore.

Kelebihan :

  • Sinkronisasi mudah & tidak lama
  • Mengedit puluhan Foto / Gambar sekaligus
  • Tampilan Sederhana
  • Cara kerja yang mudah untuk digunakan & dipelajari
  • Pilihan Filter & Effect Gratis yang bisa langsung digunakan
  • Tampilan antar muka sederhana

Kekurangan :

  • Managemen File fitur cukup sulit digunakan
  • Tidak semua fitur bisa dikendalikan secara baik

2. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express bisa dibilang sebagai apk edit foto android & iOs terbaik saat ini. Dengan bantuan aplikasi ini, kalian bisa mendapatkan hasil editing foto / gambar yang fleksibel.

Aplikasi yang satu inipun mendukung hasil editing foto dengan format RAW dan TIFF. Gimana gan ? Sudahkah kalian mencoba aplikasinya ? Bahkan, didalam aplikasi ini tersemat 45 lebih fitur-fitur canggih serta menarik.

Seperti biasa, fitur-fitur yang tersemat di Adobe Photoshop Express tak jauh berbeda dengan fitur yang ada di semua aplikasi edit foto android dan iOs pada umumnya. Namun bagi pemula, aplikasi yang satu ini sangat rekomended.

Kelebihan :

  • Menyediakan puluhan Filter menarik
  • Tampilan Antar Muka sederhana tapi Jelas
  • Pilihan Effect menarik, contohnya effect Blur
  • Unlock Kolase
  • Dan lain-nya

Kekurangan :

  • Ada beberapa fitur berbayar / Langganan
  • Lemahnya menu Retouching
  • Tidak Gratis

3. Aplikasi Edit Foto – Canva

Siapa yang belum kenal aplikasi Canva hingga sekarang ? Pastinya kalian semua sudah mengenalnya bukan ! Canva merupakan salah satu aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk mengedit foto ataupun video.

Berbagai pilihan template dan fitur canggih akan kalian temukan di Canva, semua yang disediakan bisa kalian gunakan tanpa membayar. Keperluan editing foto dan video, semuanya akan kalian temukan diaplikasi ini.

Apakah kalian pengguna aktif aplikasi Instagram ? Kalian sering mengunggah foto keren dan memasukkannya di Story Instagram, tentunya harus mengedit foto tersebut supaya hasilnya lebih keren dan berkhualitas.

Supaya mendapatkan hasil editing foto lebih berkhualitas, sebaiknya gunakan aplikasi Canva dalam kegiatan tersebut. Aplikasi yang satu ini bisa dengan mudah kalian dapatkan, playstore dan appstore sudah menyediakannya secara gratis.

4. Aplikasi Edit Foto – VSCO

VSCO merupakan aplikasi wajib dan harus diinstall pada perangkat android & iOs yang menyukai kegiatan editing foto maupun video. Sebab, VSCO adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik di android & iOs untuk saat ini.

Apalagi untuk saat ini, hampir semua pengguna aktif aplikasi Instagram sudah menginstall VSCO di HP android & iOs mereka. Apalikasi ini memang sangat membantu menghasilkan sebuah foto keren dan berkhualitas.

Filter yang dimikili aplikasi VSCO terbilang sangat lengkap, ada yang gratis dan adapula yang bersifat berbayar. Namun tak perlu cemas, filter yang bersifat berbayar hanya beberapa saja.

Sebenarnya, aplikasi VSCO tidak selamanya gratis untuk digunakan. Kalian hanya bisa menggunakannya secara gratis selama satu minggu. Setelah itu, maka akan dikenakan biaya langganan yang berlaku.

5. Aplikasi Edit Foto – Foodie

Rekomendasi aplikasi edit foto android terbaik dari kami selanjutnya ialah aplikasi Foodie. Aplikasi yang satu ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki bisnis dibidang kuliner.

Nama-nya saja aplikasi Foodie yang artinya makanan, bisa disimpulkan bahwa aplikasi ini hanya untuk mengedit sebuah foto / gambar makanan. Itulah kenapa kami mengatakan jika aplikasi Foodie sangat cocok digunakan oleh pembisnis kuliner.

Terdapat 30 lebih  pilihan filter gratis yang bisa kalian gunakan untuk mengedit gambar makanan. Dengan bantuan filte-filter dari aplikasi Foodie, gambar makanan akan lebih enak dilihat dan menggoda selera makan seseorang.

Tak hanya sampai sini, aplikasi Foodie menyematkan fitur live streaming. Ketika tidak ada pelanggan, kalian bisa mengisi waktu kosong dengan melakukan live streming melalui aplikasi Foodie.

6. Aplikasi Edit Foto – Pixlr X

Aplikasi edit foto android yang perlu kalian coba selanjutnya adalah Pixlr X. Pasalnya, aplikasi Pixlr X memiliki beragam fitur yang mampu menghasilkan sebuah gambar / foto menjadi lebih keren dan kekinian.

Fitur unggulan yang dimiliki aplikasi Pixlr X ialah fitur Remove Background. Ketika anda mengaktifkan fitur yang satu ini, secara mudah background yang ada digambar / foto akan hilang dalam sekejap.

Memiliki tampilan User Friendly, memudahkan setiap orang menggunakan aplikasinya untuk proses editing foto dan video. Element-element yang dimiliki Pixlr X pun beragam, mulai dari Overlay, Border, Shape dan lain sebagai-nya.

Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan serta kekurangan-nya masing-masing. Dan, aplikasi Pixlr X mempunyai sebuah kekurangan. Dimana, aplikasi ini tidak menyediakan fitur Template.

Kekurangan lainnya, kalian harus mengeluarkan biaya ketika ingin menikmati semua fitur yang tersemat di Pixlr X.

7. Aplikasi Edit Foto – Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi pengolah foto menjadi lebih bagus dan keren yang dikembangkan oleh Google. Para fotografer professional yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri sangat menyukai aplikasi ini.

Bahkan, sudah banyak warganet yang berpendapat jika Snapseed adalah aplikasi pengolah foto terbaik di perangkat android & iOs. Hal ini dikarenakan, snapseed mempunyai tools yang cukup lengkap.

Salah satu tools unggulan yang dimiliki snapseed berupa bisa membuka file RAW tanpa perlu kualitas file RAW menjadi rusak. Kalian juga bisa menyimpan format RAW maupun JPG.

Namun tidak semua fotografer menyukai aplikasi snapseed tersebut. Malah ada yang sangat benci karena aplikasi ini belum menyematkan fitur auto-save. Sebab, sebagian orang, sangat memerlukan fitur auto save di aplikasi pengolah foto dan video.

8. Polarr Photo Editor

Terakhir, ada aplikasi edit foto android terbaik yang perlu dicoba yaitu aplikasi Polarr Photo Editor. Aplikasi pengolah foto terbaik yang satu ini perlu kalian miliki, didalamnya terdapat penawaran overlay, effect lensa dan penawaran berbagai filter.

Ketika mengedit menggunakan polarr photo editor, kalian akan diberikan kenyamanan extra berkat adanya user interface yang begitu sederhana. Bahkan, pihak pengembang berani bertaruh jika tidak akan ada aplikasi pengolah foto terbaik selain Polarr Photo Editor.

Menurut kami, aplikasi Polarr memang cukup powerfull jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi pengolah foto android pada umumnya. Dikarenakan memiliki fitur serta tools yang sangat lengkap, perangkat android / iOs yang kalian gunakan pun harus memiliki RAM tinggi.

Jika tidak, maka aplikasi Polarr Photo Editor sering mengalami Lag atau keluar sendiri. Maka dari itu, sebaiknya periksa RAM yang dimiliki perangkat android kalian, sebelum mengunduh aplikasinya.

Baca Juga  Aplikasi Edit Video

Penutup

Semoga ulasan tentang Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Android & PC Terbaik 2021 sedikit membantu kalian yang kebetulan membutuhkan sebuah aplikasi pengolah foto terbaik.